5 Cara Cegah Sakit di Musim Hujan

Ilustrasi - (foto by pexels)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Sebagian wilayah di Indonesia masih dilanda hujan. Bahkan ada yang masih memasuki puncak musim hujan.

Penting untuk memperhatikan kondisi tubuh di musim hujan. Pasalnya udara yang lembab memudahkan bakteri dan virus untuk berkembang biak.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meminimalisir potensi paparan penyakit penyerta hujan yang akan menyerang tubuh.

Melansir laman resmi Kementerian Kesehatan, Kamis (2/3/2023) ada beberapa tips agar tidak mudah terserang penyakit di musim hujan.

1. Konsumsi makanan sehat

Penting bagi kita untuk mengkonsumsi makanan sehat dan bersih. Misalnya makanan kaya nutrisi seperti banyak serat dan vitamin, minum cairan yang cukup.

2. Minimalisir menyentuh wajah

Kurangi menyentuh wajah menggunakan tangan yang kotor. Menyentuh wajah kamu secara signifikan dapat meningkatkan risiko infeksi flu atau virus flu. Mulut dan mata merupakan area tempat virus dapat masuk ke dalam tubuh dengan mudah. Menyentuhnya dengan tangan atau jari pastinya dapat sebabkan infeksi.

3. Hindari kubangan air

Sebaiknya hindari air kotor atau kubangan yang terbentuk akibat hujan, karena dapat memicu penyakit influenza, infeksi jamur pada kulit hingga kolera.

4. Bersihkan rumah

Saat musim hujan sebaiknya rutin membersihkan rumah, saluran air, selokan, hingga tempat-tempat lain yang berpotensi menjadi tempat perkembangan nyamuk.

5. Rajin cuci tangan

Dianjurkan rutin mencuci tangan menggunakan sabun atau Hand Sanitizer untuk meminimalisir infeksi virus dan bakteri yang terbawa oleh telapak tangan yang kotor.