5 Kuliner Makassar Teman Buras dan Ketupat Saat Lebaran

Coto Makassar - (int)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah tinggal menghitung hari. Di sisa hari-hari terakhir Ramadan ini, seluruh warga muslim di dunia, khususnya di Makassar sudah memikirkan masakan apa saja yang akan mereka sajikan saat lebaran nanti.

Ketimbang memasak opor ayam terus setiap tahunnya saat lebaran, ada baiknya anda simak 5 makanan berkuah khas Makassar yang cocok menemani buras dan ketupat saat hari besar tersebut.

Coto Makassar


Coto Makassar terbuat dari rebusan isi perut sapi yang kemudian diiris-iris kecil lalu dibumbui dengan racikan khusus. Kenikmatan semangkuk Coto Makassar sendiri terletak pada kuahnya yang konon menggunakan 39 jenis rempah. Selain memberikan cita rasa yang kuat, rempah ini ampuh menghilangkan bau amis jeroan.

Konro


Masakan khas Makassar yang satu ini berupa iga daging sapi ini yang mempunyai kuah berwarna coklat kehitaman yang berasal dari campuran aneka rempah-rempah. Konro disajikan dengan dua cara, kuah dan bakar, dimana keduanya sempurna dijadikan teman makan buras dan ketupat Lebaran.

Pallubasa


Pallubasa sekilas hampir sama dengan Coto Makassar. Padahal jelas berbeda! Meski Pallubasa dan Coto Makassar sama-sama menggunakan daging jeroan, kuah Pallubasa berisi kelapa parut yang telah disangrai sehingga lebih kental dan gurih. Kalau kamu bosan dengan sajian Opor Ayam atau Rendang, yang satu ini bisa menjadi alternatif yang lezat saat Lebaran.

Pallumara


Pallumara adalah salah satu menu ikan khas Makassar. Ikan yang biasa digunakan adalah ikan kakap, namun bisa juga menggunakan ikan bandeng atau tongkol. Warna kuning pekat pada kuahnya berasal dari rempah kunyit yang dihaluskan. Selain rasanya yang segar, sempurna banget untuk disantap bersama ketupat Lebaran.

Mie Titi


Makanan terakhir ini adalah mie yang mirip dengan ifumie yang biasa kita temukan di restoran masakan Cina. Mie Titi berupa mie yang digoreng kering kemudian disiram dengan kuah kental berisi potongan sayuran, cumi dan udang. Mie yang satu ini pun dipastikan akan terasa nikmat apabila dipadukan dengan buras atau ketupat saat lebaran nanti.