Jangan Asal, Ini 6 Cara Membuat Jus Agar Kaya Manfaat

Ilustrasi jus - (foto by freepik)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Mengonsumsi jus merupakan salah satu cara memenuhi kebutuhan vitamin dan meningkatkan kekebalan tubuh dari penyakit. 

Namun jika salah mengolahnya, manfaat jus tersebut akan hilang. Karenanya jangan salah mengolahnya agar tubuh mendapatkan manfaat yang optimal.

Mengutip laman Kementerian Kesehatan, berikut ini 7 cara mengolah jus agar kaya manfaat.

1. Jus Jangan Disimpan Dalam Waktu Lama

Jus yang telah dibuat sebaiknya segera diminum. Membuat jus yang baru kemudian diminum pada siang atau sore harimenurunkan manfaat dari jus.

Vitamin yang ada dapat dirusak oleh oksigen dan ultraviolet yang ada di sekitar kita kondisi dingin dan perlindungan dari cahaya membantu mempertahankan vitamin yang ada selama 4 jam.

2. Pilih Buah Segar

Agar mendapatkan khasiat yang maksimal gunakan buah atau sayuran segar yang masih dalam keadaan segar. Jangan karena melihat buah atau sayur mulai layu, lalu saying akhirya dibuat jus. Ini membuat kualitas juas berkurang.

3.  Kombinasikan Beberapa Buah

Jangan hanya membuat jus dari buah yang itu itu saja. Misalnya karena menyukai buah jeruk setiap hari jus yang diminum hanya jus jeruk. Ganti dengan buah lain yang memiliki kandunag vitamin dan mineral yang berbeda agar tubuh memperoleh manfaat.

Mengkombinasikan berbagai buah dalam satu gelas jus merupakan cara praktis agar tubuh memperoleh manfaat dalam satu kali jus.

4.  Perhatikan Kadar Gula, Susu atau Madu

Jika ingin menambahkan gula sebagai pemanis, coba ingat sudah berapa banyak gula yang anda konsumsi hari ini. Missal dari pagi anda sudah menikmati kue cake atau the manis sesuaikan gual yang akan ditambahkan dalam jus agar tidak kelebihan konsumsi gula.

Bila memilih madu sebaiknya dalam porsi kecil saja,. Kalau inginmenambahkan susu dalam jus pilihlah jenis susu yang sesuai. Jika tidak ada masalah dengan berat badan dapat menggunakan susu fullcream. Kalau ingin menjaga berat bdan gunakan susau low fat agar lemah tidak berlebih.

5. Jus Tidak Selalu Harus Buah

Sayur sayuran dapat dibuat menjadi jus. Rasa pahit pada sayur dapat diatasi dengan mengkombinasikan sayuran dengan buah, sehingga rasanya lebih segar.

Tidak hanya sayur jus merupakan kombinasi dari buah dan rempah rempah. Misalnya dengan menambahkan jahe yag dapat menghangatkan tubuh juga menambah daya tahan tubuh dapat juga ditambah kayu manis pada jus anda.  

6. Jus Tidak Selalu Rendah Kalori

Tidak berarti semua buah rendah kalori dan akan membantu diet anda. Bua seperti alpokat nangka dan durian adalah buah buahan dengan kalori yang tinggi yaitu sekirtar 200kkal. 

Jika ingiin jus dengan kalori rendah dapat meilih buah jeruk apel melon yang kandungan kalorinya sekitar 80kkal. Jika berat badan berlebih sebaiknya pilih jus buah dengan kalori rendah.