Amalan Sunnah di 10 Malam Terakhir Ramadan

Ilustrasi - (foto by pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Pada bulan Ramadan, alhha Subhanahu Wata’ala membuka pintu rahmat dan ampunannya, khususnya di 10 hari terakhir Ramadan.

Rasulullah mencontohkan pada 10 hari terakhir Ramadan , beliau semakin memperbanyak amalan dan mengencangkan ibadahnya.

Berikut ini amalan pada 10 malam terakhir Ramadan yang sesuai sunnah Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam.

1.  Melakukan i’tikaf

I’tikaf ialah berdiam di masjid beberapa waktu untuk lebih konsentrasi melakukan ibadah.

Amalan melakukan I’tikaf termaktub dalam hadits shahih riwayat Imam Bukhari dan Muslim.

“Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa beri’tikaf di sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan hingga beliau diwafatkan oleh Allah. Lalu istri-istri beliau beri’tikaf setelah beliau wafat”. (HR. Bukhari, no. 2026 dan Muslim, no. 1172).

2. Memperpanjang Shalat Malam

Amalan lainnya yang dapat dilakukan pada 10 malam terakhir yakni memperpanjang salat malam. Melansir lama Kemenag.go.id, Rasulullah menghidupkan malam-malam tersebut untuk beribadah, salat, zikir, dan lain-lain hingga waktu fajar.

 Kebiasaan beribadah di 10 malam terakhir ditularkan kepada seluruh anggota keluarga beliau untuk sama-sama menikmati kesyahduan beribadah sepanjang malam. Sebagaimana penuturan Aisyah RA,

“Rasulullah SAW biasa ketika memasuki 10 Ramadan terakhir, beliau kencangkan ikat pinggang (bersungguh-sungguh dalam ibadah), menghidupkan malam-malam tersebut dengan ibadah, dan membangunkan istri-istrinya untuk beribadah.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

3. Memperbanyak Sedekah

Selain memperpanjang salat malam, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam beserta sahabat semakin memperbanyak sedekah di 10 hari terakhir Ramadan.

Sebagaimana firman Allah SWT,

“Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, mereka berdoa kepada Tuhannya dengan rasa takut dan penuh harap, dan mereka menginfakkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka.” (Qs. As-Sajdah: 16).

4. Tilawah Al Qur’an

 

Meningkatkan membaca Al-Qur’an menjadi salah satu ibadah utama di 10 hari terakhir Ramadan. Tilawah Al-Qur’an adalah ibadah ringan dan memiliki keutamaan yang besar. Tradisi mengejar khataman Al-Qur’an di akhir Ramadan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi pribadi muslim.

Itulah beberapa amalan penting di 10 hari terakhir bulan Ramadan. Semoga bermanfaat.