3 Dampak Negatif Penggunaan Media Sosial Berlebihan

Ilustrasi - (foto by pixabay)

CELEBESMEDIAM.ID, Makassar - Media sosial bisa menjadi wadah penambah wawasan. Beragam informasi tersebar melalui media sosial. Menjadi wadah bagi arus informasi yang tanpa batas.

Namun tidak disarankan berlebiham dalam.penggunaan media sosial. Penggunaan media sosial berlebihan dapat merusak mental.

Berikut ini 3 dampak negatif pengunaan media sosial berlebihan.

1. Kecemasan

Terlalu sering menggunaka media sosial berdampak.timbulnya kecemasan.

Banyaknya konten negatif yang dilihat seseorang di media sosial juga dapat berdampak pada psikologis. Isu kekerasan, kejahatan, flexing, atau berita bencana dapat menimbulkan kecemasan dan kekhawatiran

"Yang akhirnya mempengaruhi kondisi psikologis kita," kata psikolog Lathifah Utami yang dikutip dari Antara, Ahad (29/1/2023). 

2. Kecanduan

Media sosial juga dapat menimbulkan candu yang berdampak panjang bagi penggunanya. Pasalnya k9ecanduan yang dapat mempengaruhi pola tidur seseorang, emosi dan pola pikir seseorang sehingga mengakibatkan kesehatan mentalnya terganggu.

Candu ini bisa dikurangi dengan mengurangi akun medsos dan membatasi durasi penggunaannya. Selain itu cobalah untuk berinteraksi dengan orang lain.

"Misalnya, kita bisa mematikan handphone kita satu jam sebelum tidur," katanya.

3. Memperburuk suasana hati

Banyakanya berita negatif yang berseliweran di media sosial, ternyata dapat suasana hati memburuk. Imbangi dengan informasi positif dan ikuti akun-akun yang berisi motivasi atau inspirasi hidup yang dapat menebarkan energi positif.