Ternyata 6 Kebiasaan Unik Ini Bisa Selamatkan Bumi

Ilustrasi - (int)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Bumi adalah satu-satunya tempat tinggal kita. Menjaga lingkungan menjadi tanggung jawab semua manusia. Jika bumi rusak maka yang merasakan akibatnya adalah manusia, begitupun sebaliknya.

Ternyata ada beberapa hal-hal unik dan sederhana yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan bumi. Penasaran?, berikut ini ulasan CELEBESMEDIA.ID dari berbagai sumber, 6 kebiasaan sederhana yang ternyata berdampak baik bagi kelestarian bumi.

1. Membawa tas belanjaan yang dapat digunakan kembali

Siapa sangka, kebiasaan baik ini bisa menyelamatkan bumi loh. Kebiasaan membawa tas belanjaan sendiri memang terbilang sederhana  namun dampaknya terhadap bumi sangat besar. Berbelanja kebutuhan sehari-hari seperti buah-buahan, sayuran, dan kebutuhan lainnya cukup memakai kantong belanja atau keranjang. Dengan tidak berbelanja menggunakan kantong plastik. Selain itu kamu bisa menghemat uang dan tentunya mengurangi sampah.

2. Membawa botol minuman sendiri

Kebiasaan unik lainnya yang dapat dilakukan yakni dengan membawa botol atau tempat minum ke tempat kerja atau sekolah. Hal tersebut kini semakin populer. Kebiasaan ini penting untuk mengurangi sampah. Bayangkan saja, jika terus-menerus menggunakan air minum dalam kemasan plastik, sampahnya tentu akan menumpuk. Apalagi botol plastik adalah salah satu jenis sampah yang sulit terurai.

3. Memanfaatkan kotak es krim bekas

Kebiasaan baik warga Malaysia dalam memanfaatkan kotak es krim sepertinya patut untuk kita terapkan. Masyarakat di negeri jiran ini kerap memanfaatkan kotak es krim bekas untuk menyimpan makanan beku seperti ikan, daging dan ayam.

4. Mengisi ulang botol sabun dan sampo bekas

Taukah kamu jika ternyata kebiasaan sederhana mengisi ulang botol sabun dan sampo ini dapat menghemat biaya. Selain itu hal ini juga dapat menjaga kelestarian lingkungan dengan mengurangi penggunaan botol bekas.

5. Pilih dan olah sampah

Kebiasaan memilah sampah kini semakin populer. Bagaimana tidak, selain menjaga lingkungan ternyata bisa juga menghasilkan uang. Dengan segala keuntungan yang ada, memilah sampah membuat proses daur ulang sampah semakin mudah.

6. Membuang sampah pada tempatnya

Hal sederhana lainnya yang dapat dilakukan untuk menjaga tentu saja dengan membiasakan diri membuang sampah  pada tempatnya. Membuang sampah sembarangan akan mengotori lingkungan dan berdampak pada ekosistem di sekitarnya. Selain itu, sampah yang tercecer terutama yang sulit terurai, pada akhirnya akan terbawa ke lautan dan membahayakan hewan-hewan di sana.