Doa Ziarah Kubur Sesuai Sunnah dan Hikmahnya

Ziarah kubur - foto by dok CELEBESMEDIA.ID

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Sebentar lagi bulan Ramadan tiba. Umat muslim menyambutnya dengan suka cita. Umumnya umat muslim berziarah ke makam orang tua serta kerabat yang tekah meninggal dunia.

Ziarah ke makam kerabat menjelang Ramadan ini seakan menjadi tradisi tiap tahun. Karenanya penting untuk mengetahui doa yang dapat dibaca saat berziarah kubur

Berikut doa saat berziarah kubur yang sesuai dengan sunnah . 

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لَلَاحِقُونَ أَسْأَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ

ASSALAMU ’ALAIKUM AHLAD-DIYAAR MINAL MU’MINIIN WAL MUSLIM, WA INNA INSYAA ALLOOHU BIKUM LA-LAAHIQUUN, WA AS-ALULLOOHA LANAA WALAKUMUL ‘AAFIYAH.

“Semoga keselamatan tercurah kepada kalian, wahai penghuni kubur, dari (golongan) orang-orang beriman dan orang-orang Islam. Kami insya Allah akan menyusul kalian, saya meminta keselamatan untuk kami dan kalian.

Hukum Ziarah Kubur

Sebenarnya tidak ada waktu istimewa untuk ziarah kubur. Ziarah kubur itu dianjurkan setiap waktu. Dalam suatu riwayat dalam shahih Muslim dalam hadits Aisyah disebutkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melakukan ziarah kubur di malam hari di pekuburan Baqi’.

Ziarah kubur adalah sebuah amalan yang disyari’atkan. Dari Buraidah Ibnul Hushaib radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Dahulu aku melarang kalian berziarah kubur, maka (sekarang) berziarahlah”  (HR. Muslim no. 977). 

Hikmah Ziarah Kubur

Menziarah kubur menjadi amalan yang dianjurkan tujuannya untuk mengingat manusia tentang kematian. Melansir laman muslim.or.id,  Jumat (17/3/2023) berikut faedah yang bisa didapatkan dari doa ziarah kubur.

 Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 “Dahulu aku melarang kalian untuk berziarah kubur, sekarang berziarahlah karena ziarah dapat melembutkan hati, membuat air mata menetes, dan mengingatkan akhirat. Dan janganlah kalian mengucapkan al hujr[13]” (HR. Al Hakim (1/376)).

Dalam hadits tersebut, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan hikmah dibalik ziarah kubur. Ketika seseorang melihat kubur tepat di depan matanya, di tengah suasana yang sepi, ia akan merenung dan menyadari bahwa suatu saat ia akan bernasib sama dengan penghuni kubur yang ada di hadapannya. 

Ziarah kubur juga bermanfaat bagi mayit yang diziarahi karena orang yang berziarah diperintahkan untuk mengucapkan salam kepada mayit, mendo’akannya, dan memohonkan ampun untuknya. Tetapi, ini khusus untuk orang yang meninggal di atas Islam. Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha,

 “Nabi pernah keluar ke Baqi’, lalu beliau mendo’akan mereka. Maka ‘Aisyah menanyakan hal tersebut kepada beliau. Lalu beliau menjawab : “Sesungguhnya aku diperintahkan untuk mendo’akan mereka,” (HR. Al Hakim (1/376).