Tips Hadapi Musim Pancaroba Agar Tidak Mudah Sakit

Ilustrasi - (foto by freepik)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Saat musim pancaroba, tubuh akan lebih mudah terserang penyakit. Perubahan udara dan temperatur mempengaruhi kesehatan. Tubuh kita otomatis akan berusaha keras menyesuaikan dengan temperatur sekitar.

Saat itu pula imunitas (daya tahan tubuh terhadap penyebab penyakit) kita berkurang, sehingga sering menyebabkan orang sakit di musim pancaroba.

Oleh karena itu, tiap orang perlu meningkatkan kesehatan tubuh. Berikut ini 5 tips menjaga daya tahan tubuh di musim pancaroba mengutip laman Kementerian Kesehatan.

1. Konsumsi vitamin C

Asupan vitamin C membantu memicu lebih banyak produksi sel darah putih yang dikenal sebagai limfosit (sel T) dan fagosit, kemudian juga mendorong keduanya bekerja lebih efektif melawan patogen penyebab infeksi.

2. Konsumsi Makanan yang Bergizi

Makanan sehat dibutuhkan tubuh untuk menjaga fungsi organ dan memastikan kinerjanya. · Asupan nutrisi untuk tubuh bisa didapat dari beragam jenis makanan sehat mulai dari buah-buahan hingga sayur-sayuran.

3. Rajin Mencuci tangan sebelum maupun setelah makan

Kuman penyebab penyakit dapat berpindah dalam waktu yang cepat. memiliki kebiasaan mencuci tangan Setelah beraktivitas dapat membantu melindungi diri dari kuman dan mikroorganisme jahat lainnya.

4. Rutin Mandi 2 Kali Sehari

Mengapa kita dianjurkan untuk mandi 2 kali dalam sehari? · Mennaga daya tahan tubuh (sistem imun).

5. Beraktivitas fisik minimal 30 menit setiap harinya

Secara pengertian, aktivitas fisik adalah kegiatan tubuh yang menggerakan otot dan menghasilkan energi dan tenaga. Sehingga dengan demikian, asupan yang masuk dalam tubuh tidak mengendap dan menyebabkan obesitas ataupun penyakit berbahaya lainnya.