Ternyata Berendam Air Hangat Bisa Bikin Perasaan Bahagia

Ilustrasi berendam air hangat - (foto by pexels)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Banyak yang mengira mandi hanya untuk mebersihkan tubuh dari kotoran, namun ternyata mandi atau berendam khususnya jika menggunakan air hangat memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Salah satunya bisa membuat suasana hati bahagia. Kok bisa?

Manfaat berendam air hangat juga dikemukakan Pakar kesehatan dr. M Berian Rachmanadi mengatakan berendam air hangat memiliki banyak manfaat, salah satunya mampu melancarkan peredaran darah.

"Saat kulit bersentuhan dengan air hangat, tubuh akan melepaskan hormon endorfin, yaitu zat kimia yang dapat memberikan rasa nyaman dan bahagia. Inilah mengapa Anda akan merasa lebih rileks setelah mandi air hangat, sehingga mandi air hangat merupakan salah satu solusi dalam mengurangi stres," kata dr Berian  yang dikutip dari Kantor Berita Nasional ANTARA, Selasa (9/8/2022).

Endorfin merupakan zat kimia yang secara alami  bisa dihasilkan oleh tubuh manusia. Hormon ini memiliki peranan penting sebagai penghilang rasa sakit alami dan hormon ini bisa menimbulkan perasaan senang pada seseorang. Karena itu banyak orang yang akan lebih mudah menenangkan diri saat berendam dengan air hangat.

Meski demikian perlu diperhatiakn ada batasan waktu saat berendam air hangat yakni sekitar 10 menit, sebab jika mandi lebih lama dari itu akan membuat kulit kering dan berkerut.

Selain bis amembuat bahagia berendam air hangat juga dapat membantu membakar kalori. Bahkan berendam air hangat bisa membakar kalori yang setara dengan 30 menit berjalan kaki. Apa benar begitu?  

Penelitian menunjukkan berendam dengan air hangat memiliki manfaat yang sama dengan satu kali sesi olahraga.

Peneliti dari Inggris mengungkap berendam lama di air hangat dapat mengontrol kadar gula darah yang sama dengan berolahraga.

" Satu sesi berendam mungkin tidak menunjukkan hasil secara langsung untuk kebugaran atau kesehatan namun jika dilakukan dengan rutin, efeknya akan muncul," kata Christof Leicht, dosen fisiologi olahraga di Loughborough University, dikutip dari Healthline.

Berendam air hangat juga ternyata mampu meminimalkan risiko kerusakan jaringan elastis setelah berolahraga. Orang-orang yang menggunakan bak mandi air panas setelah berolahraga cenderung memiliki lebih sedikit tanda mioglobin dalam darah mereka. Mioglobin adalah jenis protein yang dilepaskan ke aliran darah setelah kerusakan otot.