Jangan Cuci Daging Ayam Sebelum Dimasak, Ini Alasannya

Ilustrasi - (foto by pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Banyak orang yang memiliki kebiasaan untuk mencuci daging ayam mentah sebelum dimasak, karena dianggap dapat menghilangkan kuman dan bakteri pada daging ayam.

Namun ternyata kebiasaan ini justru dapat menyebabkan masalah kesehatan, karenanya harus sebaiknya tidak dilakukan.

Proses pencucian akan membuat daging ayam mentah terkontaminasi bakteri patogen seperti  campylobacter, salmonela, dan Clostridium perfringens.

Penelitan yang dilakukan oleh Drexel Univesity menyebut bahwa sebetulnya daging ayam tidak perlu dicuci sebelum dimasak karena semua bakteri pada daging ayam akan mati saat proses memasak. 

Celebrity Chef Devina Hermawan juga menjelaskan mencuci daging ayam hanya akan membuanya  terkontaminasi silang dengan bahan lain yang ada di sekitarnya.

"Sebenarnya kalau untuk daging, sebenarnya tidak harus dicuci. Kecuali memang kebutuhan khusus seperti dagingnya kotor, berlumpur, dan lain-lain itu beda hal," jelas Devina yang dikutip dari Kantor Berita Nasional ANTARA, Rabu (27/7/200).

"Justru dengan kita mencuci daging, itu biasanya dapat menyebabkan kontaminasi silang. Contoh misalnya kita cuci di kran. Nah air cipratannya bisa mengenai sayuran dan lain-lain. Itu malah beresiko biasanya," tambahnya.

Ia pun menyarankan daging ayam yang hendak dimasak hanya cukup dilap saja. Sebab, daging tersebut pun akan steril dengan sendirinya saat dimasak. 

"Pada dasarnya kalau daging tuh cukup dilap saja sebelum dimasak. Lalu ketika dimasak kan dia akan steril dengan sendirinya. Kayak gitu sih kalau handling daging dan ayam," kata Devina.

"Kalau memang dagingnya kotor dan memang perlu dicuci, pastikan kran dan area sekitarnya kita bersihkan kembali dengan sabun," imbuhnya.

Untuk daging yang dimarinasi, Devina juga menjelaskan bahwa daging maupun ayam tersebut tak perlu dicuci terlebih dulu. Namun jika ingin tetap mencucinya, maka 

"Untuk ayam yang dimarinasi juga nggak masalah jika memang mau dicuci. Asal kembali lagi. Kita harus memperhatikan sekitar agar tidak ada kontaminasi silang," pungkas Devina.

Anjuran untuk tidak mencuci daging ayam sebelum dimasak juga berlaku untum daging sapi kata Devina.

Dokter Kevin Adrian dalam laman Alodokter menjelaskan ada berbagai jenis kuman yang terdapat pada daging ayam, dan salah satunya adalah Campylobacter. 

Infeksi bakteri Campylobacter dapat menimbulkan gejala, seperti sakit perut, mual, muntah, demam, dan tubuh terasa lemas.

Infeksi ini bisa berbahaya jika terjadi pada anak-anak, lansia, atau orang yang daya tahan tubuhnya lemah, misalnya penderita HIV, kanker, atau malnutrisi.