Kelapa Bakar, Kuliner Unik Kaya Manfaat

Kelapa bakar di Jalan Hertasning Baru Makassar - (foto by: Ardi Jaho)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kelapa biasanya disajikan dingin docamournes batu dan sirup. Namun bagaimana rasanya jika dibuat hangat dengan cara dibakar? 

Belakangan ini kuliner kelapa bakar sedang  digandrungi masyarakat. Banyak percaya minuman ini memiliki manfaat meningkatkan imun tubuh untuk menangkal Covid-19.

Perbedaan kelapa bakar dan kelapa biasa terdapat pada rasanya. Jika kelapa muda biasa dinikmati untuk menghilangkan dahaga dengan rasanya yang manis dan segar. Maka kelapa bakar dinikmati untuk menghangatkan tubuh dengan rasanya yang kaya rempah.

Ril Akbar, seorang penjual kelapa di Hertasning Baru Makassar menjelaskan kelapa bakar memiliki campur dengan rempah-rempah, sehingga memiliki aroma yang khas dan tesktur daging yang lembut.

"Kelapa bakar memiliki rempah khas, jahe, serai,gula merah, madu, telur.  Alasan kelapa dibakar untuk menghilangkan rasa manis, terus rempah-rempag bisa menyatu dalam air kelapa kalau dibakar," terangnya kepada CELEBESMEDIA.ID, Minggu (27/2/2022). 

Ia juga mengaku sejak pandemi Covid-19, pembelinya lebih banyak membeli kelapa bakar karena dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

"Kelapa bakar biasanya sehari bisa sampai 80 biji. Awalnya para pelanggan hanya membeli kepala biasa saja, namun ketika mencoba kelapa bakar, para pembeli merasa lebih suka kelapa bakar karena ada beberapa herbal yang dicampurkan, apalagi kalau ada pegal-pegal ia lebih suka minum kelapa bakar. Kata pelanggan yang beli ini juga mengatasi virus. Karena ada beberapa obat herbal di dalamnya dapat meningkatkan daya tahan tubuh," lanjut Ril Akbar.

Dengan menggunakan jenis kelapa muda, kelapa akan dibakar selama dua hingga tiga jam hingga apinya meresap ke dalam buah. Setelah itu, kelapa dikupas kulitnya dan diracik dengan berbagai rempah alami dan dicampur dengan madu. 

Selain menjaga daya tahan tubuh, kelapa bakar juga dipercaya dapat menghangatkan tubuh karena kandungan rempah yang dicampurkan saat dibakar. Air kelapa muda dalam kelapa bakar ini juga dapat menghilangkan dehindarasi karena cairannya mudah diserap oleh tubuh. Kandungan elektrolit yang tinggi yang dapat menggantikan cairan yang hilang di dalam tubuh kita pada saat kita beraktivitas.

Harga kelapa bakar ini memang agak lebih mahal dibandingkan kelapa muda biasa. Sebiji kelapa bakar dijual dengan  Rp20.000 hingga Rp30.000 tergantuny rempah yang dicampurkan.

"Harga Rp20.000 campurannya bubuk, serai, jahe dan gula merah. Kelapa bakar harga Rp25.000 rempahnya bubuk, serai, jahe, gula merah dan telur ayam. Kalau yang harga Rp30.000 campurannya itu bubuk, serai, jahe,  gula merah, telur ayam dan madu," jelasnya. 

Sampai saat ini belum ada penelitian resmi yang menunjukkan khasiat dari kelapa yang telah dibakar, namun kandungan air kelapa sudah diketahui sejak dulu memiliki banyak manfaat untuk tubuh begitu juga dengan madu serta rempah seperti jahe dan serai. 

(Laporan: Ardi Jaho)