3 Amalan Sunnah di Bulan Muharram

Ilustrasi - foto by pixabay

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pergantian Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H bertepatan dengan Rabu 19 Juli 2023 besok.

Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Islam Hijriyah yang menandai sebagai tahun baru Islam.

Dalam syariat Islam ada beberapa amalan sunnah yang dapat dilakukan di bulan Muharram. Melansir laman muslim.or.id, Selasa (18/7/2023), berikut 3 amalan sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan di bulan Muharram.

1. Puasa

Dalam sebuah hadits shahih, umat muslim dianjurkan untuk melakukan puasa sunnah di bulan Muharram.

"Puasa yang paling afdhol setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah al-Muharram." (HR.Muslim: 1982)

Maksud puasa disini adalah puasa secara mutlak. Memperbanyak puasa sunnah pada bulan ini, utamanya ketika hari ‘Asyura (10 Muharram). 

Akan tetapi tidak dibolehkan untuk berpuasa pada seluruh hari bulan Muharram, karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah berpuasa sebulan penuh kecuali pada Ramadhan

2. Taubat

Selain berpuasa, umat muslim juga dianjurkan memperbanyak taubat di bulan Muharram.

Taubat adalah kembali kepada Allah dari perkara yang Dia benci secara lahir dan batin menuju kepada perkara yang Dia senangi dan bertekad tidak mengulanginya.

Sebenarnya ini sudah seharusnya kewajiban bagi seorang muslim apabila terjatuh dalam dosa dan maksiat untuk segera bertaubat, tidak menunda-nundanya, karena dia tidak tahu kapan kematian akan menjemput. 

3. Memperbanyak amal shaleh

Bagi yang beramal shalih pada bulan ini ia akan menuai pahala yang besar sebagai kasih sayang dan kemurahan Allah kepada para hambanya.

Dilipat gandakan pahala ini merupakan  salah satu keutamaan yang besar di bulan Muharram. kebaikan yang banyak, tidak bisa dikiaskan.