Tak Perlu ke Luar Kota, Ini 4 Lokasi Akhir Pekan Seru di Makassar

Suasana Pantai Indah Bosowa saat senjan- (foto by Dok CELEBESMEDIA.ID)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Akhir pekan menjadi momentum untuk menghilangkan penat sekaligus menghabiskan waktu bersama keluarga mau pun sahabat. 

Salah satu hal yang dapat dilakukan dengan bepergian saat libur akhir pekan. Tentu saja Anda tak perlu mengunjungi tempat di luar kota. 

Ada banyak tempat menarik di akhir pekan yang dapat dikunjungi saat liburan akhir pekan.

Berikut ini 4 tempat menarik di Makassar yang dapat dikunjungi saat akhir pekan.

1. Pantai Indah Bosowa

Pantai Bosowa merupakan salah satu tempat wisata di Kota Makassar yang ramai dikunjungi saat akhir pekan. 

Pantai ini berlokasi di Jalan Metro Tanjung Bunga. Jarak tempuh tempat wisata ini sangatlah dekat dari jantung Kota Makassar. 

Karena lokasinya yang strategis Untuk berkunjung ke pantai ini kita bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.

Suasana di Pantai Bosowa akan terasa lebih romantis saat menjelang senja. Menyaksikan gradasi langit biru yang perlahan menjadi jingga semakin menambah keindahan pantai tersebut saat sore hari.


(Pantai Indah Bosowa - foto by Dok CELEBESMEDIA)

2. Fort Rotterdam

Fort Rotterdam merupakan benteng peninggalan dari Kerajaan Gowa-Tallo. Objek wisata bersejarah ini memiliki arsitektur yang keren. Berada di dalam benteng Rotterdam, pengunjung akan merasakan sedang berada di Eropa karena arsitekturnya yang menyerupai bagunan Eropa. 

Di dalam benteng juga terdapat banyak situs sejarah, misalnya pada bagian pojok benteng terdapat ruangan penjara yang pada zaman dahulu pernah digunakan oleh Pangeran Diponegoro. 

Ada juga museum Lagaligo yang menyimpan banyak benda bersejarah.

Jika dilihat dari ketinggian, bentuk Benteng Fort Rotterdam menyerupai penyu yang merayap menuju laut sehingga benteng ini kerap pula disebut Benteng Penyu.

Terletak di Jl. Ujung Pandang, Bulo Gading, Kecamatan Ujung Pandang, Makassar. Fort Rotterdam dibuka pukul 08.00 Wita dan tutup pukul 18.00 Wita.


(Fort Rotterdam - foto by dok CELEBESMEDIA)

3. China Town Makassar 

China Town atau kawasan pecinan di Makassar dapat menjadi salah satu lokasi yang dapat Anda kunjungi saat akhir pekan.

Sekilas mmkawasan ini memang tidak menonjol. Meskk demikian, kawasan ini telah ditetapkan sebagai salah satu obyek wisata pada masa kepemimpinan Wali Kota Makassar Amiruddin Maula.

Salah satu penandanya adalah sebuah gerbang berarsitektur khas China. Kawasan pecinan ini menjadi tempat wisata yang instagramable karena beberapa bangunan di daerah ini pun juga berasitektur Tionghoa  Terdapat pula beberapa klenteng di kawasan tersebut. 

Karena letaknya dekat dengan pusat kota, China Town dapat diakses dengan mudah. Wisatawan dapat menggunakan angkutan umum.


(Chinatown Makassar - foto by Makassar Guide)

4. Taman Macan

Bagi Anda yang ingin berwisata sekaligus berolahraga, Taman Macan bisa menjadi alternatif. Terletak di Jalan Sultan Hasanuddin, taman yang berada di belakang Kantor Walikota Makassar ini menyimpan sebuah monumen yang didirikan untuk mengenang perjuangan para pemuda Makassar dalam melawan kolonial Belanda.

Walau dinamai Taman Macan, monumennya berupa patung harimau. Monumen tersebut memuat nama-nama petinggi maupun wilayah gerakan Laskar Harimau Indonesia.

Taman kota ini didirikan pada 1985 dan diresmikan oleh Menkopolhukam (Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan) kala itu, yakni Surono Reksodimedjo.

Pepohonan yang teduh dan rindang membuat suasana taman tersebut semakin asri. Di sekeliling taman dibuat jalan setapak yang dimanfaatkan sebagai trek joging. Taman ini juga menyediakan fasilita toilet hingga mushalloh.

(Taman Macan - foto by Get Los ID)