Rekomendasi 5 Pulau Mungil Nan Eksotis di Sulsel

Pulau Panambungan Makassar - (foto by Akbar)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Indonesia adalah negara kepulauan. Lebih dari 13 ribu pulau ada di Indonesia. Bahkan tak jarang dari ribuan pulau itu ada yang membentuk gugusan pulau yang menarik untuk dikunjungi.

Berlibur ke pulau bisa menjadi salah satu aktivitas akhir pekan. Ada banya pulau menarik di Sulawesi Selatan yang dapat dikunjungi saat akhir pekan. Pulau – pulau ini memiliki pemandangan yang indah dan instagramable.  Berikut ini rekomendasi 5 pulau indah di Sulsel.

1. Pulau Panambungan

Bagi Anda yang ingin menenangkan diri dari hiruk-pikuk kota, pulau ini sangat cocok menjadi pilihan. Pulau ini memang mungil. Luasnya tidak sampai 1 hektar. Meski demikian pulau mungil ini menyimpan banyak pesona. Salah satunya terumbu karangnya yang luas mencapai 9,12 ha.

Susananya tenang, jauh dari keramaian kota. Hamparan pasir putih berpadu birunya laut sejauh mata memandang. Uniknya di pulau ini selain memiliki air laut yang jernih juga terdapat jejeran pohon pinus membuat tempat ini menjadi sejuk. Pengunjung dapat menikmati suasana pada kursi santai di bibir pantai.


(Pulau Panambungan - Foto by pangkepkab.go.id)

2. Pulau Samalona

Selain Pulau Panambungan, ada juga Pulau Samalona. Hampir sama dengan Pulau Panambungan, ukuran Pulau Samalona  juga kecil terletak di Selat Makassar, tepatnya di sebelah barat daya pantai barat Sulawesi Selatan dan masih masuk dalam wilayah Kota Makassar.

Keunggulan pulau ini adalah ekosistem bawah lautnya yang menyimpan sejuta pesona. Banyak sekali hal menarik yang bisa pengunjung lakukan di sini, diantarnya menyelam, berenang, bersantai menikmati keindahan pantai dan berfoto di spot-spot yang keren.


(Pulau Samalona - Foto by exploremakassar.go.id)

3. Pulau  Gusung

Pulau ini merupakan salah satu gugusan pulau kecil yang dikelilingi perairan yang jernih. Hal itu pulalah yang menjadi daya tarik pulau eksotis ini. Air laut yang biru selaras dengan langit yang terbentang luas menjadi pemandangan khas tempat ini.

Panorama alam bawah laut yang cantik menjadi alasan para wisatawan berkunjung ke tempat ini. Aneka biota laut yang jarang ditemui bisa disaksikan langsung dengan mata telanjang.

Pulau Gusung merupakan pulau yang masih alami serta memiliki suasana yang. Pepohonan hijau  nan rindang tumbuh di pulau ini.


(Pulau Gusung - foto by kemenparekraf.go.id)

4. Pulau Kambing

Nama pulau yang satu ini memang unik. Namun bukan beearti di pulau ini terdapat banyak kambing.

Pulau Kambing, Tanjung Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan merupakan surga bagi para pecinta kegiatan diving dan snorkeling. Pulau yang jarak tempuhnya sekitar 20 menit dari Pantai Tanjung Bira ini memiliki keindahan bawah laut yang menawan.  Air lautnya pun sejernih kristal.

Selain pemandangan bawah laut yang indah, tebing-tebing terjal pada dinding pulau membuatnya tampak eksotik. Pengunjung Pulau Kambing juga dapat menikmati keindahan panorama alam dengan menaiki bukit tebing terjal tersebut.


(Pulau Kambing - foto by bulukumbakab.go.id)

5. Pulau Kamarrang

Pulau Kamarrang adalah kawasan di Kabupaten Pinrang yang berhadapan langsung dengan Kota Parepare.  Pulau ini merupakan kawasan vegetasi hutan bakau di mana sepanjang bibir pulau ini ditutupi oleh hutan bakau yang rimbun. Di bagian timurnya terdapat pantai bebatuan keras yang berfungsi seperti tameng untuk memecah ombak yang datang.

Ada sebuah villa yang disiapkan bagi pengunjung yang menginap di tempat ini. Anda dapat melepas penat di malam hari di tempat ini sambal menyaksikan kerlip Kota Pare-pare.

Pulau Kamarrang yang terletak di Kelurahan Ujung Labuang. Untuk sampai pulau ini kamu bisa menyewa perahu motor di Desa Ujung Lero dengan jarak tempuh hanya 30 menit ke pulau ini.

(Pulau Kamarrang - foto by katasulsel.com)