Atasi Kecanduan Gadget, Ini 3 Ide Permainan untuk Anak

Ilustrasi - (foto by pexels)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Mengatasi anak agar tidak kecanduan gadget menjadi hal yang perlu diperhatikan. 

Orangtua perlu mengatur jadwal agar anak-anak tidak berjam-jam menggunakan gadget. Namun ada kalanya anak-anak sulit untuk melepaskan gadgetnya.

Psikolog klinis anak dan remaja Adisti Fathimah Soegoto mebeberkan cara agar anak ingin lepas dari gadget salah satunya dengan mengajaknya bermain.

Ia merekomendasikan beberapa ide permainan yang dapat orangtua mainkan bersama anak tanpa harus menggunakan gadget

Berikut ini 3 ide permainan anak tanpa menggunakan gadget menurut Psikolog klinis anak dan remaja Adisti Fathimah Soegoto, yang dilansir dari ANTARA, Selasa (8/11/2022). 

1. Meniup Gelembung

Adisti  mengatakan salah satu permainan seru yang dapat dimainkan orangtua bersama anaknya yakni meniup gelembung busa (bubble). Saat melakukan permainan ini, orangtua dapat meniup gelembung  dan meminta anak untuk memecahkannya dengan anggota tubuh tertentu.

Permainan yang sederhana ini, anak belajar mengenai bagaimana mengikuti aturan.

2. Masak-masakan

Orangtua dapat mengajak anak melakukan kegiatan memasak dalam lingkungan yang aman dengan main masak-masakan bersama. Hal ini sapat mengasah kreativitas anak.

3. Bermain peran

Orangtua juga bisa bermain peran bersama anak mereka. Anak-anak usia empat hingga lima tahun biasanya suka sekali bermain peran. Berbagai peran yang dapat dimainkan sebagai dokter, polisi, pemadam kebakaran, kasir di supermarket, dan sebagainya.

"Ajak anak untuk menentukan tema apa yang akan dimainkan kali ini, sehingga menambah imajinasi anak saat bermain," kata Adisti.

Memperbanyak waktu bermain bersama anak sedari kecil, akan membawa banyak dampak baik untuk pertumbuhan anak, salah satunya membangun kedekatan secara emosional lebih dalam.

Hal ini juga dapat membantu mengurangi keinginan anak untuk bermain gawai secara berlebih.