Minum 4 Cangkir Teh Tiap Hari Turunkan Risiko Diabetes

Ilustrasi - (foto by pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, MakassarTeh adalah salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi dunia. The merupakan minuman yang mengandung kafeina. Minuman ini dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellia sinensis dengan air panas.

Teh dibagi menjadi empat kelompok yakni  teh hitam, teh oolong, teh hijau, dan teh putih. Nmun ada juga yang disebut teh herbal yakni teh yang terbuat dari rempah-rempah tetapi tidka mengandung dauh teh.

Belum lama sebuah studi mengemukakan jika meminum the dapat mengurangi risiko diabetes. Melansir Antaranews, Selasa (4/10/2022) dalam studi Annals of Internal Medicine para ilmuwan China seperti disiarkan Medical Daily September lalu menemukan minum dua sampai empat cangkir teh hitam, hijau atau oolong per hari menurunkan risiko diabetes tipe 2 sebesar 17 persen.

Sedangkan minum satu hingga tiga cangkir setiap hari menurunkan risiko sebesar 4 persen terkena diabetes dan risiko ini semakin turun 1 persen untuk setiap cangkir tambahan.

Xiaying Li, salah satu penulis penelitian dan peneliti di Universitas Sains dan Teknologi Wuhan, menyatakan hasil studi ini menggembirakan karena menawarkan harapan bagi orang untuk mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Menurut mereka, temuan ini menunjukkan teh bahkan pada tingkat asupan yang lebih tinggi dapat menjadi bagian dari diet sehat.

"Asupan teh yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah di antara mereka yang minum dua cangkir atau lebih per hari," kata peneliti studi.

Para peneliti yang mengevaluasi data selama 11 tahun berencana mempresentasikan hasil temuan ini dalam European Association for the Study of Diabetes, pada pekan depan.