Waspada Infeksi 'Jamur Hitam' pada Penyintas Covid-19, Ini Gejala dan Cara Mencegahnya

Ilustrasi penyakit mucormycosis atau jamur hitam yang menyerang banyak warga di India. (foto by: Shutterstock)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Belum lama ini negara India digegerkan dengan merebaknya wabah penyakit baru. Infeksi Mucormycosis atau dikenal juga sebagai 'jamur hitam' menyerang banyak pasien covid-19 di India. Diberitakan BBC, Jndia telah melaporkan 45.374 kasus infeksi mucormycosis hingga Juli 2021. Dari jumlah tersebut 4.300 meninggal dunia.

Kepada BBC, Dr Raghuraj Hegde, seorang dokter bedah mata di Bangalore, India mengaku kasus  kematian akibat mucormycosis banyak terjadi tapi tidak tercatat secara resmi.

Dalam penelitian yang dimuat dalam Journal of Natural Science, Biology, and Medicine, jamur hitam Mucormycosis ini juga disebut penyebab penyakit maxillary osteomyelitis atau kelainan pada tulang wajah rahang atas.

Mucormycosis termasuk jamur yang sangat berbahaya karena bisa menyebar dengan cepat ke seluruh tubuh. Jika tidak diobati, infeksi dapat menyebar ke paru-paru atau otak. Ini dapat menyebabkan infeksi otak, kelumpuhan, radang paru-paru, kejang, kebutaan, sampai kematian.

Ada beberapa gejala jamur hitam pasca covid yang biasanya ditemui. Jamur hitam atau Mucormycosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh fungi (jamur) yang biasa ditemukan di lingkungan sekitar.

Melansir laman resmi Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (DCD), gejala infeksi jamur hitam yang menyerang sinus dan otak, antara lain:

Gejala mucormycosis rhinocerebral (sinus dan otak) meliputi:

- Pembengkakan wajah satu sisi

- Sakit kepala

- Hidung atau sinus tersumbat

- Lesi hitam di batang hidung atau bagian dalam mulut bagian atas yang dengan cepat menjadi lebih parah

- Demam

Gejala mucormycosis paru (paru-paru) meliputi:

- Demam

- Batuk

- Sakit dada

- Sesak napas

- Mucormycosis kulit (kulit) dapat terlihat seperti lecet atau bisul, dan area yang terinfeksi dapat berubah menjadi hitam.

- Gejala lain termasuk rasa sakit, kehangatan, kemerahan yang berlebihan, atau pembengkakan di sekitar luka.

Gejala mucormycosis gastrointestinal meliputi:

- Sakit perut

- Mual dan muntah

- Perdarahan gastrointestinal

- Mucormycosis diseminata biasanya terjadi pada orang yang sudah sakit karena kondisi medis lain, sehingga sulit untuk mengetahui gejala mana yang berhubungan dengan mucormycosis.

Cara mencegah mucormycosis

Dikutip dari dnaindia.com, berikut adalah cara mencegah jamur hitam:

- Gunakan masker jika Anda mengunjungi lokasi konstruksi berdebu

- Memakai sepatu, celana panjang, baju lengan panjang dan sarung tangan saat menangani tanah (berkebun), lumut atau pupuk kandang

- Pertahankan kebersihan pribadi, termasuk mandi scrub secara menyeluruh