4 Rekomendasi Taman Keren di Makassar

Taman Macan Makassar - (foto by dok CELEBESMEDIA.ID)


CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Berakhir pekan tidak melulu harus mengeluarkan biaya besar. Anda bisa menikmati akhir pekan di luar rumah dengan cara murah meriah.

Ada beberapa lokasi seru berakhir pekan di Makassar. Salah satunya taman kota. Pemandangan yang asri dan suasana tenang bisa membuat pikiran menjadi refresh.

Keberadaan taman kota di Makassar, bagai oasis di gurun pasir. Pembangunan yang tak henti membuat ruang terbuka hijau di Makassar kian tergerus. Karenanya memilih taman kota  bisa menjadi pilihan yang tepat menikmati wkatu kahir pekan bersama keluarga. 

Berikut ini 4 taman kota di Makassar yang bisa menjadi lokasi berakhri pekan.

1. Taman Macan

Sesuai namanya, di kawasan taman kota ini terdapat patung macan yang besar. Patung yang menghadap ke tenggara itu berdiri gagah dengan pose menyeringai. Patung ini sebenarnya bukan macan, mselainkan seekor harimau. Ada kisah heroik di balik berdirinya patung tersebut.

Patung ini ternyata Monumen Lasykar Pemberontak Harimau Indonesia. Dibuat untuk mengenang pemberontakan laskar pejuang angkatan 45 terhadap pendudukan Belanda di Makassar.

Di patung itu juga terdapat nama petinggi Lasykar Pemberontak Harimau Indonesia, dan diresmikan pada 10 November 1985.

Lokasi taman  yang berbentuk segitiga ini mudah ditemukan sebab terletak di pusat Kota, tepatnya di Jalan Sultan Hasanuddin, sebelah selatan Balaikota Makassar. Di sini, pengunjung bisa berjalan-jalan di bawah rindangnya pohon. Ada juga beberapa fasilitas yang disipakan, diantaranya kursi dan spot bermain untuk anak.

2. Taman Benteng Rotterdam

Bagi Anda yang senang berswafoto, bisa memilih Taman Benteng Rotterdam sebagai lokasi berakhir pekan. Tempatnya instagramable yang menyiapkan beberapa spot swafoto estetis.

Taman ini letaknya tepat di samping bangunan bersejarah Fort Rotterdam. Pohon dan tamanan hijau di area taman ini membuat suasanya sejuk dan asri. Ada juga kursi dan lampu hias yang mempercantik Taman Benteng Rotterdam.

Taman ini akan ramai saat sore hari utamanya di akhir pekan. Pengunjung dapat menikmati suasana sore sambil menikmati minuman dan camilan yang di jual di sekitar taman itu.

3. Taman Pattimura

Taman ini juga menjadi salah satu lokasi instagramable di Makassar. Tempatnya sejuk meski tidak terlalu luas. Disebut Taman Pattimura karena letaknya yang berada di Jalan Pattimura. Taman ini menyiapkan kursi yang terbuat dari batu. Ada juga spot bermain untuk anak dan lintasan jogging bagi yang ingin berolahraga di pagi hari.

4. Taman Refleksi

Taman keren yang lain terletak di Jalan Hertasning Makassar. Namanya Taman Refleksi. Taman ini sangat cocok bagi Anda yang senang berolahraga. Letaknya di sekitar Lapangan Hertasning yang sering digunakan untuk bermain bola.

Taman ini juga menyipakan lintasan joging dengan kericil kecil, cocok untuk refleksi. Karena itu taman ini juga dinamakan Taman Refleksi.

Lokasi mudah dijangkau karena terletak di tengah Kota Makassar. Tidak hanya kahir pekan saja, taman ini ramai setiap hari, utamanya saat sore. Pengunjung juga bisa berolahraga sambil menikmati camilan dan minuman ringan. Pada salah stau sisi tama nada beberapa booth makanan dan minuman ringan. Sementara di sisi lainnya juga ada jejeran lapak pedagang yang menyiapkan makanan berat saat sore hingga malam hari, misalnya ayam lalapan, cap cai hingga sate.