4 Rekomendasi Makanan Sehat Saat Diet

Ilustrasi - (foto by pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Diet bukan hanya untuk menurunkan berat badan, melainkan juga untuk mengatur pola makan yang akan berdampak pada kesehatan dan juga metabolisme tubuh.

Menurut para ahli, diet juga bukan hanya tentang mengurangi porsi makanan yang dikonsumsi tetapi juga harus memperhatikan jam makan yang tepat dan teratur.

Makanan untuk diet idealnya adalah jenis makanan yang banyak mengandung protein, serat, karbohidrat kompleks, lemak sehat, serta aneka vitamin dan mineral. 

Makanan yang sehat untuk diet  bisa mencukupi kebutuhan nutrisi selama diet sekaligus mengontrol nafsu makan.

Berikut ini 4 rekomemdasi makanan sehat untuk diet yang CELEBESMEDIA.ID himpun dari berbagai sumber.

1. Buah - buahan


Mengutip Realfood, mengonsumsi buah-buahan secara rutin ternyata mampu menurunkan berat badan dan baik untuk kesehatan dan sistem pencernaan. 

Buah memiliki kandungan serat yang tinggi, rendah kalori dan lemak. Sehingga membuat kenyang lebih lama dan menekan nafsu makan. Buah yang baik dikonsumsi saat diet yaitu apel, alpukat, jeruk, dan pisang.

2. Telur


Telur adalah jenis maknan yang sangat mudah ditemukan. Mengutip Antaranews, telur kaya akan vitamin dan protein juga nutrisi seperti vitamin D. Maka dari itu telur sangat baik dikonsumsi saat sedang diet.

3. Dada ayam


Walaupun sedang diet kita bisa mengkonsumsi ayam. Namun tidak semua daging ayam sehat dikonsumsi saat diet. Bagian dada ayam mengandung zat besi dan protein yang tinggi, dan juga mengandung lemak jenuh yang lebih rendah. 

Tetapi pengolahan dada ayam ini harus benar-benar matang walaupun direbus atau pun dikukus.

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini yang dikutip dari laman klikdokter, menjelaskan dibandingkan unggas lain, daging ayam memang harus diolah dan dimasak dengan benar-benar matang.

4. Daging sapi tanpa lemak


Selain dada ayam, daging sapi tanpa lemak juga dapat menjadi pilihan makanan saat diet.

Mengutip laman kesehatan alodokter, daging sapi juga dapat dikonsumsi saat sedang diet. 

Ada beberapa bagian daging sapi yang tidak mengandung banyak lemak, seperti bagian leher atau has luar. Bagian ini biasanyq mengandung protein, zat besi, vitamin mineral, vitamin B12. Daging sebaiknya dioleh dengan cara direbus atau dipanggang tanpa minyak dipan anti lengket.

(Laporan : Melisrawati UMI Makassar)