6 Cara Sehat Minum Kopi, Cegah Diabetes hingga Perkuat Imun

Ilustrasi - (foto by freepik)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kopi saat ini sudah jadi bagian dari gaya hidup banyak orang.Sebagian orang bahkan rela meluangkan waktu berjam -jam di warung kopi untuk menyeruput kopi.

Caffein pada kopi memang bisa berpengaruh terhadap kesehatan tubuh jika dikonsumsi berlebih. Namun tahukah kalau kamu bisa membuat kopi lebih sehat?

Mengutip  Healthline dan  Insider berikut ini 5 tips cara sehat minum kopi

1. Pilih Kopi Berkualitas Tinggi

Pilihlah biji kopi organik yang tanpa pestisida dan zat tambahan berbahaya.

Menurut penelitian di Journal of Agricultural and Food Chemistry, biji kopi organik memiliki kadar antioksidan yang lebih tinggi. Menurut laporan Food Chemistry, kopi segar memiliki lebih banyak senyawa bioaktif dan antioksidan.

Antioksidan tinggi dapat menangkal radikal bebas penyebab penyakit dan mampu memperkuat imun tubuhmu.

Sebaliknya hindari minum kopi instan. Kopi instan sering mengandung bahan tambahan dan pengawet.

2. Minum Kopi Tanpa Tambahan Gula

Sebaiknya hindari menambahkan terlalu banyak gula ke dalam kopi. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di jurnal Current Diabetes Reports pada tahun 2015, disebutkan bahwa mengonsumsi gula berlebihan dapat meningkatkan risiko kamu terkena diabetes dan obesitas.

3. Coba Cold Brew Coffee

Bagi penggemar kopi hita bisa mencoba cold brew coffee yang merupakan adalah alternatif kopi yang menyegarkan, terutama saat cuaca panas.

Studi dalam Scientific Reports menunjukkan bahwa cold brew coffee atau kopi yang diseduh dengan air dingin memiliki kadar asam yang lebih rendah dibandingkan dengan kopi panas, sehingga lebih lembut bagi lambung.

4. Minum Kopi Secukupnya

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Johns Hopkins University, minum kopi berlebihan (lebih dari 500 mg kafein atau setara dengan 5 cangkir kopi) justru dapat membuat kamu mengalami nyeri kepala dan kelelahan.

Selain itu minum kopi berlebihan juga dapat menyebabkan diare, cemas, jantung berdebar-debar, insomnia hingga nyeri perut. Menurut studi yang dipublikasikan di jurnal Advances in Nutrition, disebutkan bahwa konsumsi kafein sebaiknya tidak melebihi 2.5 mg/kgBB/hari.

Jadi, batas minum kopi dalam sehari yaitu 4-5 cangkir kecil (setara dengan 400 mg kafein) dalam sehari.

5. Gunakan Kertas Filter

Seduhan kopi mengandung senyawa cafestol yang dapat meningkatkan kolesterol. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan filter berupa kertas khusus. Filter kertas ini cukup efektif untuk mengurangi jumlah cafestol.

6. Racik dengan kayu manis dan cokelat

Bukan hanya menambah cita rasa, kayu manis dan cokelat dipercaya bisa meningkatkan manfaat kesehatan kopi yang dikonsumsi. 

Kayu manis bermanfaat untuk mengurangi inflamasi, menurunkan gula darah, hingga baik untuk kesehatan jantung. 

Sedangkan  cokelat tanpa pemanis seperti dark chocolate membantu untuk menyeimbangkan kolesterol.