7 Tips Tubuh Tetap Bugar Bagi Pekerja Shift Malam

Ilustrasi - (foto by freepik)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Sebagian pekerja yang jam kerjanya malam hingga pagi. Pashaal tubuh kita dirancang untuk beristirahat pada malam hari. Oleh karena itu, para pekerja yang bekerja di malam hari harus menyiasati pola tidur dan kegiatan lainnya agar tubuh tetap sehat.

Selain itu ada juga beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga tubuh tetap bugar. Mengutip laman resmi Kementerian  Kesehatan, berikut ini 7 tips tetap bugar bagi para pekerja shift malam.

1.    Konsumsi Makanan yang Sehat

 Hindari makanan cepat saji, konsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin.

Selain itu, konsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks, seperti pasta gandum, nasi merah, dan kentang.

Sebaiknya juga mengkonsumsi makanan yang membuat tubuh tetap terhidrasi, seperti sup ayam, krim sup, dan makanan berkuah lainnya.

 2.    Mengatur Pola Makan dengan Benar

     Merencanakan pola makan dapat membantu tetap sehat selama kerja shift malam dan lebih rileks ketika kita perlu tidur. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan :

a.    Tetap makan dengan pola makan yang sama dengan pola makan di siang hari

b.   Sering makan camilan yang sehat untuk menghindari rasa kantuk

c.    Pilih makanan yang mudah dicerna seperti roti, nasi, pasta, salad, produk susu, buah-buahan,             dan sayuran

d.   Hindari makanan yang sulit dicerna seperti gorengan, makanan pedas, dan makanan olahan

e.   Hindari makanan manis

f.     Jadikan buah dan sayuran sebagai camilan

g.    Minum yang cukup

3.   Batasi Konsumsi Kopi

 Jika Anda mengonsumsi kafein atau kopi dengan berlebihan, justru dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan kejang otot. Konsumsi kopi harus dihentikan sekitar 6 jam sebelum tidur untuk memastikan bahwa stimulan tidak memengaruhi tidur anda.

4.    Tidur Siang

Setelah pulang bekerja di pagi hari, saatnya tidur untuk mengistirahatkan tubuh. Buatlah kamar tidur gelap seperti malam hari agar bisa tidur nyenyak.

5.    Jauhi TV dan Ponsel

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, matikan TV dan jauhkan ponsel kamu saat ingin tidur. Blue screen yang dipancarkan dari TV dan ponsel karena dapat merusak ritme sirkadian (perputaran waktu 24 jam).

6.    Sempatkan Olahraga

Olahraga secara rutin membantu tubuh tetap sehat dan fit. Lakukan olahraga setelah bangun tidur. Cukup lakukan 30-45 menit saja seperti jogging ringan.

7. Mengatur Pola Tidur

Kerja shift malam membuat Anda harus tetap terjaga di malam hari. Padahal di malam hari, tubuh melepaskan hormon melatonin, yang membuat Anda mengantuk dan kurang waspada. Karenanya Anda perlu menerapkan beberapa langkah agar pola tidur terjaga yakni: jangan menunda tidur. Luangkan pula waktu sekitar 7 hingga 9 jam untuk tidur setelah kerja shift malam.

Baiknya pastikan kamar tidur tenang, gelap, dan sejuk. Anda juga perlu memberitahu teman dan keluarga tentang jam kerja sehingga mereka tidak mengganggu  jam tidur Anda.