5 Perubahan Terbaru WhatsApp di September 2022

Ilustrasi - (foto by pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, MakassarWhatsApp yang merupakan salah stau aplikasi chatting paling populer di dunia saat ini kembali memperbarui fiturnya.

Ada beberapa fitur menarik yang dapat dinikmati bagi pengguna WhatsApp. Perubahan ini memperbaiki beberapa kekurangan pada WhatsApp yang seringkali dikeluhkan para pengguna.

Apa saja perubahan dari aplikasi WhatsApp di bulan September 2022 ini?

1. Kirim pesan tanpa menyimpan nomor

Sebelumnya, para  pengguna WhatsApp perlu menyimpan dulu nomor terlebih dahulu sebelum bisa mengirim chat.

Pada update WhatsApp terbaru, pengguna dapat mengirimkan pesan tanpa menyimpan nomor di daftar kontak. Caranya dengan klik pada pilihan “chat dengan (nomor pengguna WhatsApp)”. Maka selanjutnya kita bisa melakukan chat tanpa harus menyimpan nomornya.

2. Keluar grup diam-diam

Selama ini pengguna ketika meninggalkan sebuah grup akan meninggalkan sebuah jejak berupa tulisan “(nama pengguna) left”. Sekarang kita tak perlu lagi sungkan karena kita bisa keluar grup tanpa ada notifikasi bagi anggota grup lainnya.

Hanya admin yang akan tahu bahwa kita telah keluar dari grup. Meski begitu, peserta grup lain tetap bisa melihat status user lainnya dari menu “view past participants”.

Melalui menu ini user WhatsApp bisa melihat kapan seseorang meninggalkan grup dalam kurun waktu 60 hari terakhir.

3. Ubah waktu hapus pesan

WhatsApp kini memperpanjang batas waktu untuk menghapus pesan yang telah dikirimkan. Jika dulu kita punya jeda waktu 1 jam 8 menit 16 detik untuk segera menghapus pesan setelah terkirim, sekarang WhatsApp memberi batas waktu yang lebih lega, yaitu 2 hari 12 jam.

Penambahan durasi waktu “delete for everyone” dari WhatsApp ini sebelumnya telah diumumkan WhatsApp pada Selasa (9/8/2022).

4. Melihat pesan yang belum terbaca

Perubahan lainnya yakni pengguna WhatsApp dapat melihat pesan yang belum terbaca. Selama ini, di kolom chat semua pesan, baik pesan sudah terbaca maupun belum tercampur jadi satu. Hal tersebut cukup menyulitkan untuk memilah jika ada pesan yang terlewatkan untuk dibaca.

Caranya adalah dengan meng-klik ikon “pencarian”, kemudian klik “belum dibaca” untuk memunculkan deretan pesan yang belum sempat terbaca.

5. Kirim file lebih dari 2 GB

Perubahan lainnya pada WhatsApp adalah kapasitas pengiriman file yang telah ditambah.

Jika dahulu WhatsApp hanya mengizinkan mengirim file atau dokumen maksimal berukuran 100 MB saja, maka kini pengguna WhatsApp bisa mengirim file maksimal 2 GB.

Namun  khusus perubahan ini hanya dapat dinikmati para pengguna WhatsApp yang menggunakan jenis hand phone tertentu. Dikutip dari KompasTekno, Kamis (1/9/2022), kirim file lebih dari 2GB tersebut hadir pada WhatsApp Android versi 2.22.17.76 serta WhatsApp iOS versi 22.18.76.