Baca Doa Ini di Jumat Sore Agar Terjauh dari Rezeki Haram

Ilustrasi berdoa - (foto by Pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Hari Jumat penuh keberkahan. Banyak amal salih dapat dikerjakan kaum Muslimin. Salah satunya memperbanyak doa pada Jumat sore bakda Sholat Ashar. Ini merupakan waktu paling mustajab untuk berdoa.

Mengutip Rumasyho, keutamaan berdo'a di hari Jumat berdasarkan dalil dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan tentang hari Jumat. 

Beliau bersabda, “Di dalamnya terdapat satu waktu yang tidaklah seorang hamba yang muslim tepat pada saat itu berdiri shalat meminta sesuatu kepada Allah, melainkan Allah pasti memberikan kepadanya.” Beliau pun mengisyaratkan dengan tangannya untuk menggambarkan sedikitnya (sebentarnya) waktu tersebut. (Muttafaqun ‘alaih).

Syeikh Imam Nawawi dalam kitab Bidayatul Hidayah menganjurkan untuk membaca doa ini di hari Jumat, khususnya di.waktu mustajab setelah selesai salat Ashar. 

Berikut doanya:

Allâhumma yâ ghaniyyu yâ hamîd, yâ mubdi’u wa yu‘îd, yâ rahîmu yâ wadûd. Aghninî bi halâlika ‘an harâmik, wa thâ‘atika ‘an ma‘shiyatik, wa bi fadhlika ‘an man siwâk.

“Ya Allah, Yang Maha Kaya, Maha Terpuji, Maha Pencipta, Maha Kuasa Mengembalikan, Maha Penyayang, dan Maha Kasih. Cukupi aku dengan harta halal-Mu, bukan dengan yang haram. Isilah hari-hariku dengan taat kepada-Mu, bukan mendurhakai-Mu. Cukupi diriku dengan karunia-Mu, bukan selain-Mu.”

Doa ini dianjurkan dibaca sebanyak tiga kali setelah salat Jumat. Namun, sebelum membaca doa tersebut dianjurkan untuk membaca surat Al Fatihah tujuh kali, Al Ikhlas (7 kali), Al Falaq (7 kali), dan Al Nas (7 kali).

Siapa saja yang memanjatkan doa tersebut, Insyaallah akan dijauhkan dari rezeki yang haram.

Wallahualam Bissawab