Pallu Kaloa, Sajian Khas Sulsel dengan Cita Rasa Nikmat

Mardianto . 04-01-2020, 11:17
Pallu Kaloa / foto: int

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pallu Kaloa, begitulah sebutan untuk salah satu sajian menu makanan berat ini khas Sulsel. Kuliner ini banyak dijumpai di warung dan rumah  makan di Kota Makassar.

 

Kuliner berkuah ini merupakan olahan ikan dan buah kaloa alias kluak sebagai bahan utamanya.

 

Buah kaloa merupakan rempah khas Sulawesi Selatan yang tergolong rempah biji dengan kulit keras berukuran kecil seperti bawang. Bagian yang digunakan untuk meracik sup ikan adalah bijinya yang berwarna hitam tanpa dihancurkan untuk menciptakan cita rasa asam yang khas.

 

Kuah sup ini terlihat berwarna kehitaman dan tidak kental. Pallu Kaloa menjadi salah satu masakan yang paling diburu wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Masyarakat kalangan biasa hingga pejabat kerap menjadikan makanan ini sajian utama ketika menjamu tamu.

 

Di Makassar, untuk mendapatkan warung makan yang menjajakan Pallu Kaloa tidaklah begitu sulit, lantaran banyak warung menjadikan menu ini sebagai sajian andalan. Salah satunya warung Pallu Kaloa 1 yang terletak di Jalan Tentara Pelajar. Harga per porsinya Rp 53 ribu, sudah lengkap dengan nasi dan minumannya.

 

Pallu kaloa sangat cocok dihidangkan hangat bersama nasi yang juga hangat. Agar makin mantap, tambahkan pula sambal, seperti sambal tumis, sambal rica, dan sambal biji, serta perasan jeruk nipis.

 

Untuk membuat Pallu Kaloa sendiri, bisa menggunakan semua jenis ikan. Namun, ikan kerapu, katamba, kaneke, dan tuna merupakan jenis ikan yang paling pas untuk diolah menjadi Pallu Kaloa.

 

Adapun untuk kuahnya, merupakan perpaduan bumbu rempah yang terdiri atas lengkuas, sereh, bawang putih, bawang merah, kayu manis, pala, ketumbar, merica, dan kaloa.

Tags : Pallu Kaloa makassar

Reaksi

Sedih 0%

Marah 0%

Senang 0%

Terkejut 0%

Guest

0 Comment