8 Ide Jualan Laris di Bulan Ramadan

Ilustrasi - (foto by pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar Ramadan bulan penuh berkah. Banyak yang mengais rezeki di bulan RamadanBanyak yang membuka usaha di bulan Ramadan.

Mulai dari usaha kecil-kecilan yang sifatnya musiman. Namun tak sedikit dari usaha tersebut juga bersifat jangka panjang apabila dikembangkan menjadi lebih besar.

Bagi Anda yang tertarik membuka usaha di bulan Ramadan, berikut ini 8 ide usaha yang berpeluang mendulang untung di bulan Ramadan.

1.    Takjil

Berbuka puasa sudah pasti menjadi waktu yang paling dinantikan. Banyak orang berhamburan mencari takjil atau menu buka puasa, mulai dari pisang ijo, kolak dan hidangan manis lainnya.

Ada banyak ide jualan makanan ataupun minuman di bulan puasa. Anda memulai dengan menjual minuman segar sederhana seperti es teh, es jeruk, air mineral dingin atau minuman botol lainnya.

2.    Kurma

Ramadan identik dengan kurma. Sebab kurma salah satu menu yang disunnahkan untuk buka puasa. Kandungan serat dan glukosa di dalamnya mampu menambah energi setelah seharian berpuasa.

Buah manis khas Timur Tengah ini selalu diburu dan mendapatkan permintaan yang cukup tinggi di hari-hari menjelang Ramadhan hingga lebaran.

Karena ketenarannya, permintaan yang cukup banyak dan stok yang melimpah sehingga berpeluang laris saat Ramadan.

3.    Peralatan ibadah

Menjual peralatan ibadah bisa menjadi bisnis yang menjanjikan di bulan Ramadan. Banyak orang yang memupuk amalan dan pahala. Masdji – masjid pun dipenuhi orang yang beribadah.

Kebutuhan yang banyak ini menjadikan peralatan ibadah sebagai ide jualan bulan puasa yang cukup menjanjikan.

Peralatan ibadah yang bisa dijual mulai dari Al-Qur’an, mukena, peci, sarung atau sajadah dengan jumlah yang lebih untuk digunakan oleh jamaah.

4.    Jilbab dan busana muslim

Selain perlatan ibadah, usaha jualan jilbab dna busana muslim juga pastinya laris manis di bulan Ramadan. Terlebih mendekati hari Raya Idul Fitri. Orang – orang berlomba ingin berpenampilan terbaik saat Idul Fitri.

Dengan berbagai perubahan ini dari sisi bisnisnya sudah dipastikan para penjual jilbab dan busana muslim yang paling diuntungkan.

5.    Jasa jahit

Ide bisnis lainnya yakni usaha jasa jahit. Jika Anda memiliki keterampilan menjahit cobalah untuk memanfaatkannya meraih cuan di bulan Ramadan. Sebagian orang yang tidak begitu senang jika memiliki model baju yang ramai di pasaran, tentunya akan mencoba untuk menjahit baju.

Tidak hanya satu atau dua orang saja yang akan berpikiran seperti ini. Dan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tentunya dibutuhkan jasa tukang jahit yang tidak sedikit.

6. Kue kering

Kue kering menjadi salah satu makanan khas lebaran yang disajikan ke tamu. Namun tidak semua orang pandai memabuat kue kering. Selain itu banyak orang juga tidak bisa meluangkan waktu untuk membuat kue kering.

Karenanya banyak yang lebih memilih membeli kue lebaran di pasaran atau menyerahkan pembuatannya kepada orang lain.

Tingginya peminat kue lebaran saat bulan Ramadan, membuat usaha kue kering menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan. Bisnis ini bahkan bisa tetap berlanjut hingga usai Lebaran jika dikelola dengan baik.

7.    Toples Kue

Meski terdengar sepele, namun siapa menjual toples kua bisa menjadi ide bisnis menarik di bulan Ramadan. Sebab jika permintaan kue kering ramai saat Ramadan, sudha tentu tople yang menjadi wadah dari kue itu juga akan laris manis.

Anda tidak perlu membuat toples itu sendiri. Cukup mencari supplier toples yang bisa didapatkan dengan mudah secara online. Kemudian dihias agar tampilannya lebih cantik.

8.  Parcel

Berkirim parcel pada saat lebaran sudah menjadi tradisi di Indonesia. Karenanya banyak yang memanfaatkan momen Ramadan untuk membuka usaha parcel.

Buat desain parcel semenarik mungkin agar pelanggan puas. Isi parcel pun bisa bervariasi mulai dari makanan, minuman, hingga toples dan barang pecah belah dengan harga bervariasi.