Ani Idrus Jadi Google Doodle Hari Ini, Siapa Dia?

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Halaman utama Google hari ini, Senin (25/11/2019), menampilkan karikatur seorang perempuan berkaca mata dan mengenakan penutup kepala berhiaskan bunga dengan latar berlembar-lembar kertas koran. Dia adalah Ani Idrus.

Gambar karikatur ini dilengkapi dengan keterangan "Ulang tahun Ani Idrus ke-101" saat kursor tetikus berada di atas nya.

Ya, Ani dijadikan Doodle hari ini untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-101. Siapakah Ani Idrus?

Ani Idrus adalah jurnalis dan aktivis Indonesia yang tidak kenal rasa takut. Ia lahir di Sawahlunto, Sumatera Barat, pada 25 November 1918. Ia wafat di kota Medan, Sumatera Utara, pada 9 Januari 1999.

Ia mendirikan Harian Waspada bersama suaminya, Mohamad Said, pada 1947. Harian waspada merupakan salah satu surat kabar harian Indonesia terlama dan masih aktif hingga saat ini.

Ani Idrus mengawali karisnya sebagai jurnalis pada 1930 dan mulai menulis untuk majalah "Panji Pustaka" Jakarta. Kemudian pada 1936, dia menjadi kontributor pada Sinar Deli Medan untuk majalah "Politik Penyedar". Tahun 1938, ia menerbitkan majalah politik "Seruan Kita" bersama suaminya Mohammad Said.

Ani Idrus juga menjadi koresponden media asing selama lebih dari satu dekade sebelum merilis edisi pertama majalah perempuan popular, “Dunia Wanita” pada thaun 1949.

Kontribusi Ani Idrus dalam bidang jurnalistik membuatnya meraih beragam penghargaan dari pemerintah.

 Pada tahun 1990, ia mendapatkan penghargaan dari Menteri Penerangan RI sebagai wartawan di atas 70 tahun yang masih aktif untuk berkontribusi di media massa. Sebelumnya, ia juga sempat mendapatkan penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang diberikan kepadanya pada 1959, berikut piagam Pembina Penataran Tingkat Nasional dari BP7 Jakarta pada 1979.

Selamat ulang tahun Ani Idrus!