Ingin Hidup Sehat Sampai Tua? Lakukan 5 Tips Ini dari Kemenkes

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kesehatan merupakan aset penting dalam hidup sebab dengan tubuh yang sehat seseorang dapat melakukan aktivitas sehari – hari tanpa hambatan.

Salah satu kunci hidup sehat yakni dengan menghindari kebiasaan buruk menerapkan pola hidup sehat. Terlebih saat bertambahnya usia, berbagai masalah kesehatan timbul akibat penuaan sel-sel tubuh. Orang dengan usia lanjut mengalami penurunan fungsi dan kemampuan seperti penglihatan, pendengaran, pergerakan dan lainnya.

Bagi Anda yang ingin hidup sehat sampai tua dapat menerapkan tips dari Kementerian Kesehatan berikut ini.

1. Makanan bergizi

Pilihlah makanan yang bergizi. Misalnya makan sayur dan buah sebanyak 400 gram/5 porsi dalam sehari

2. Lakukan aktivitas fisik

Rutin melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit per hari atau 150 menit/minggu.

3. Jangan merokok

Jika Anda perokok, sebaiknya hentikanlah merokok. Hindari pula paparan rokok dan residu rokok.

4. Hindari minuman keras

Hentikan mengonsumsi alkohol mengganggu jalur komunikasi otak, dan dapat mempengaruhi cara kerja dan penampilan otak. Gangguan ini dapat mengubah suasana hati dan perilaku, serta mempersulit berpikir jernih dan bergerak dengan koordinasi .

5. Jaga berat badan ideal

Menjaga berat badan juga dapat menjaga kesehatan tubuh juga lebih terjaga. Memiliki tubuh ideal bukan berarti kita harus punya badan yang kurus. Tak hanya berhenti disitu. Lemak berlebihan di tubuh bahkan bisa menyebabkan konsekuensi kesehatan yang serius seperti  gangguan muskuloskeletal seperti osteoartritis, dan beberapa jenis kanker (endometrium, payudara, dan usus besar). Kondisi ini dapat menyebabkan kematian dan kecacatan.

6. Rutin cek kondisi tubuh

Melakukan cek tekanan darah, gula darah dan indek masa tubuh secara berkala.Hal ini bermanfaat untuk mengetahui kesehatan tubuh.

Tidak lupa juga untuk penuhi kebutuhan tidur harian dan bersegera untuk melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami gejala penyakit, agar bisa segera mendapatkan penanganan sedini mungkin dari petugas kesehatan.