Siap – siap, Live Streaming di Medsos X akan Dikenakan Biaya

Ilustrasi - (foto by freepik)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar- Kabar terbaru bagi penggun media sosial X. Nantinya fitur live streaming pada media sosial X tidak lagi bisa dinikmati semua orang.

Berbeda dengan media sosial lain yang biasanya menggratiskan fitur live streaming bagi semua penggunanya, medsos X justru hanya mengkhususnya penggunaan fitur live streaming atau siaran langsung di aplikasinya dibatasi bagi pengguna berlangganan.

Dalam unggahan di akun resmi X @live, perusahaan yang berbasis di AS itu menyatakan "Segera dimulai, hanya pelanggan Premium yang dapat melakukan streaming langsung (membuat streaming video langsung) di X. Ini termasuk melakukan siaran langsung dari encoder dengan integrasi X".

Tidak ada penjelasan yang diberikan untuk perubahan ini. Mengutip Antaranews, belum ada tanggal spesifik kapan pemberlakuan fitur live streaming berbayar ini akan dilakukan, namun beberapa reaksi terhadap pengumuman dari pengguna X bersifat negatif.

Perubahan ini pun bukan satu-satunya indikasi bahwa X ingin menarik keuntungan dari kehadiran fitur-fitur di layanannya. Sebelumnya, X baru-baru ini memperkenalkan biaya tahunan sebesar 1 dolar AS bagi akun baru di Selandia Baru dan Filipina untuk mendapatkan hak istimewa agar bisa melakukan unggahan.

Meskipun hal itu baru diuji coba, Elon Musk telah mengisyaratkan kemungkinan untuk memperluas biaya ini ke semua pengguna baru secara global.

Sebelum pemberlakuan aturan ini, X memang telah memberlakukan paket berlangganan untuk pengguna yang ingin menikmati fitur tambahan, seperti penyuntingan unggahan, penulisan panjang, dan feed bebas iklan.

Langganan X Premium saat ini mulai dari 3 dolar AS per bulan untuk tingkat "dasar" dan naik menjadi 8 dolar AS per bulan untuk Premium dan 16 dolar AS per bulan untuk Premium+.