6 Tips Tubuh Tetap Bugar Saat Cuaca Panas Ekstrem

Ilustrasi - foto by pixabay

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengindikasikan cuaca panas yang tidak biasa di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. 

BMKG Wilayah IV Makassar bahkan menegaskan cuaca panas ekstrem ini akan berlangsung selama periode Mei hingga September dan puncaknya pada Juni 2023 khusus di wilayah Makassar.

“Cuaca ini akan terus belanjut  dan puncaknya akan terjadi di bulan Juni hingga September karena di tiap wilayah Sulawesi Selatan. Puncaknya sekitar tanggal 21 Juni,” jelas Kordinator bidang data dan informasi BMKG Makassar, Hanafi mengutip CELEBESMEDIA.ID, Kamis (4/5/2023).

“Cuaca panas ini umumnya terasa panas dominan di wilayah tersebut dari Parepare, Barru, Pangkep, Maros, Gowa, Takalar hingga di Jeneponto,” lanjutnya.

Cuaca panas ekstrem ini juga dibenarkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

 “Memang cuaca panas beberapa hari ini dan kedepan sedang tidak biasa,” kata juru bicara Kementerian Kesehatan dr. Mohammad Syahril mengutip laman Kemenkes RI, Selasa (25/5/2023).

Kemenkes pun berbagi tips agar kondisi tubuh tetap fit selama cuaca panas ekstrem.

1. Cukupi kebutuhan air

Cegah dehidrasi dengan minum air yang banyak. Jangan menunggu haus. Disarankan mengkonsumsi 8 gelas per hari atau setara dengan 2 liter air putih.

2. Hindari minuman berkafein

Minuman berkafein seperti kopi dan teh sebaiknya dihindari ketika cuaca panas. Pasalnya minuman berkafein bersifat diuretik yang mana berperan sebagai stimulan yang dapat meningkatkan keinginan untuk buang air.

3. Hindari kontak dengan sinar matahari

Jika harus beraktivitas di luar rumah sebaiknya gunakan topi atau payung

4. Gunakan pakaian yang nyaman

Saat cuaca panas, gunakan pakaian yang nyaman. Misalnya memakai baju yang berbahan ringan dan longgar.

5. Hindari menggunakan baju berwarna gelap

Pakaian yang berwarna gelap bersifat menyerap panas

6. Gunakan sunscreen

Agar kulit tetap terjaga dari sengatan sinar matahari gunakan sunscreen minimal 30 SPF pada kulit yg tidak tertutup oleh baju sebelum ke luar rumah

 Waspada ketika muncul gejala

1. Keringat berlebih

2. Kulit terasa panas dan kering

3. Rasa berdebar atau jantung terasa berdetak lebih cepat

4. Kulit terlihat pucat

5. Kram pada kaki maupun abdomen

6. Mual, muntah, pusing

7. Urin yang sedikit dan berwarna kuning pekat

Jika muncul gejala tersebut, dinginkan tubuh dengan kain basah atau sponge basah pada pergelangan tangan, leher, dan lipatan tubuh lainnya serta banyak minum air. Jika masih bergejala, segera kunjungi fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan perawatan.