Ketahui 3 Mitos Menaikkan Berat Badan yang Harus Dihindari

Ilustrasi - (foto by pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Menurunkan berat badan memang tak sepopuler menurunkan berat badan. Meski demikian tetap banyak informasi yang beredar di masyarakat tentang cara menaikkan berat badan. Namun dari banyak informasi tersebut ada yang kebenaran tidak terbukti atau mitos.

Berikut ini 3 mitos tentang cara menaikkan berat badan menurut  Nutritionist dan Signature Coach Fita, Devina Tri Lestari yang dilansir dari Kantor Berita Nasional ANTARA, Selasa (20/9/2022).

1. Makan apa saja tanpa melihat nutrisinya
Menaikkan berat badan bukan berarti bisa makan apa saja tanpa melihat kandungan nutrisinya. Meski makan banyak namun tidka bernutrisi, berat badan juga tidak akan naik.

Mengonsumsi makanan yang tak sehat seperti junk food justru bisa membuat kondisi skinny fat yaitu kondisi saat tubuh terlihat kurus namun berperut buncit karena kadar lemak di dalam tubuh sangat tinggi.

2. Menambah kalori terlalu banyak
Untuk menaikkan berat badan secara aman, penambahan porsi makan dan asupan kalori perlu dilakukan secara bertahap. Jika Anda mudah enek saat makan banyak, cobalah ubah jadwal makan agar lebih sering.

Penambahan 300 hingga 500 kalori bisa dialokasikan saat mengonsumsi camilan di sela-sela waktu makan berat. Perlu diperhatikan bahwa kenaikan berat badan yang wajar yaitu sekitar 0,5-1 kg per minggu atau 1-3 kg per bulan.

3. Tidak perlu berolahraga
Bermalas-malasan setiap hari mungkin bisa membuat tubuh gemuk, tapi hal tersebut bukanlah cara yang sehat.

Justru dengan berolahraga bisa membantu metabolisme tubuh dan membantu mendapatkan bentuk tubuh yang lebih ideal. Sebuah riset pada 2016 menunjukkan bahwa latihan beban selama 8 minggu bisa meningkatkan massa otot hingga 1 kg., karenanya Anda dapat memilih olahraga yang meningkatkan massa otot untuk menaikkan berat badan.