Tips Aman Menyimpan dan Mengolah Daging Kurban

Ilustrasi daging kurban - (foto by: pexels)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Umat muslim di seluruh dunia merayakan Idul Adha 10 Dzulhijjah 1442 Hijriyah yang pada penanggalan Masehi bertepatan pada Selasa (20/7/2021).

Idul Adha kerap juga disebut Idul Kurban, sebab pada hari itu umat muslim yang mampu akan menyembelih hewan Kurban sesuai dengan uang disyariatkan dalam ajaran agama Islam.

Daging kurban yang didapatkan boleh langsung dioleh, bisa pula disimpan dan diolah beberapa hari kemudian. 

Nah, berikut ini  beberapa tips  menyimpan dan mengolah daging kurban agar tetap segar dilansir dari laman resmi UGM yang dijelaskan oleh pakar produksi ternak Fakultas Peternakan UGM.  

Tips mengolah daging kurban

1. Daging harus dimasak dengan benar dan matang. Hal ini guna membunuh bibit-bibit penyakit yang kemungkinan terdapat dalam daging.

2. Jika daging tersebut dipanggang, seperti dibuat menjadi sate dan lain sebagainya, baiknya untuk membuang bagian-bagian yang gosong atau kerak dari tempat pemanggangan.

Tips menyimpan daging kurban

1. Jangan mencuci daging segar. Daging yang hendak disimpan sebaiknya tidak dicuci. Sebab, jika dicuci maka akan memberi peluang bagi penyakit-penyakit yang berasal dari air mentah masuk ke dalam daging.

2. Giling atau potong daging menjadi ukuran kecil atau sedang sesuai rencana masak. Hal ini memudahkan masyarakat terutama para ibu saat akan memasak daging kurban.

3. Bagi gilingan atau potongan daging berdasarkan perkiraan kebutuhan sekali masak.

4. Kemas daging giling atau potongan yang telah dibagi tersebut dalam kantung plastik atau wadah tertutup rapat, lebih bagus lagi kalau divakum.

5. Daging bisa ditaruh dalam chiller beberapa saat, kemudian baru disimpan dalam freezer.

Daging akan bertahan lama ketika dibekukan dalam freezer. Akan tetapi sebelum itu, kita juga harus memperhatikan poin kelima ini. Hal ini guna menjaga struktur daging agar tetap stabil dan bahkan bisa lebih empuk.

6. Pindahkan dari freezer ke chiller terlebih dahulu sebelum diolah.

Begitu juga sebaliknya ketika daging yang disimpan di freezer kemudian hendak digunakan atau dimasak. Daging sebaiknya dipindahkan dahulu ke chiller agar proses pencairan juga dapat berlangsung perlahan dan merata sehingga struktur daging dapat tetap bagus ketika digunakan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.