5 Tips Sederhana Menjaga Kulit Sehat bagi Pria

Ilustrasi - (foto by Pexels)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Masalah kulit adalah problem utama yang kerap terjadi, misalnya berjerawat, kulit kering, dan kusam. Tidak hanya wanita saja loh, masalah kulit juga banyak dialami oleh para pria.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa tips yang disarankan oleh para ahli untuk mengatasi masalah tersebut.

Berikut 5 tips sederhana menjaga kulit sehat untuk pria dikutip CELEBESMEDIA.ID dari berbagai sumber:

1. Ganti Masker Secara Berkala

Penting untuk mengganti masker secara berkala, karena masalah kulit yang disebabkan masker atau dikenal dengan maskne adalah hal nyata dan bisa dialami pria. Mengenakan masker membuat wajah terasa lebih panas dan lembab di bagian yang tertutup, di sinilah tempat bakteri berkembang biak. 

2. Olahraga di Luar Ruangan

Tak ada salahnya sesekali bagi Anda keluar rumah untuk mencari udara segar sembari tetap mematuhi protokol kesehatan.

Jika Anda terus menerus melakukan aktivitas yang sama dari mulai makan, tidur, bekerja dan berolahraga di ruangan yang sama, ini tak akan baik untuk mental dan pikiran, yang juga dapat memengaruhi kesehatan kulit.

Berolahraga ringan di luar ruangan akan meningkatkan sirkulasi, yang akan meningkatkan pengiriman oksigen dan nutrisi ke kulit. Ini menguntungkan proses stimulasi kolagen dan pergantian sel serta berkontribusi pada cahaya yang sehat. 

3. Kelola Stres

Tak hanya wanita, pria juga bisa mengalami masalah jerawat. Salah satu yang memicu timbulnya jerawat adalah stres. Cobalah mengelola stres dengan meluangkan waktu dari aktivitas rutin di rumah. Anda juga harus menurunkan konsumsi alkohol dan mulai melakukan sesuatu yang benar-benar digemari.

Stres menyebabkan puncak kortisol yang memicu kelenjar minyak membengkak dan menghasilkan lebih banyak minyak dan meningkatkan peradangan dalam tubuh.

4. Atasi Masalah Keringat

Keringat berlebihan dapat memicu masalah kulit seperti jerawat hingga gatal-gatal. Hindari pakaian yang ketat dan tidak menyerap keringat saat beraktifitas maupun berolahraga.

5. Mandi Teratur

Berada di dalam ruangan hampir sepanjang hari tak membuat Anda harus melupakan mandi. Jangan abaikan kebersihan diri hanya karena berada di dalam ruangan dan merasa tak berkeringat terlalu banyak.

Pastikan mandi secara teratur dalam sehari dan tepat setelah berolahraga. Gunakan sabun yang cocok dengan jenis kulit Anda sehingga tidak menyebabkan iritasi atau peradangan.

Laporan: Mukhlas Nur AdiPutra (UINAM)