Ruam pada Bayi, Ini Tips Memilih Popok Menurut Dokter Spesialis

Rini . 13-10-2021, 17:30
Ilustrasi ruam popok pada bayi - (foto by: pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Popok merupakan salah satu barang pertama yang harus dibeli oleh orang tua sebelum buah hati lahir. 

Namun hati-hati, tak semua popok cocok digunakan bayi, salah memilih popok malah jadi bencana permasalahan kulit yang bisa dialami si kecil.

Laman Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) menulis, orang tua dapat bebas memilih hendak memberi bayi popok sekali pakai (pospak) atau popok kain. Namun tetap perlu memperhatikan cara penggunannya.

Jika salah penggunaan maka akan menimbulkan ruam pada bayi . Ruam merupakan masalah kulit yang kerap dialami si kecil. Hal ini lantaran kulit bayi masih sangat sensitif dan lapisannya belum terbentuk sempurna seperti halnya pada orang dewasa.

Dokter Spesialis Anak, dr. Andreas, Sp.A mengatakan bahwa pada bayi jaringan ikatnya lebih longgar, padahal jaringan inilah yang berfungsi sebagai barrier atau penghalang yang mencegah serangan kuman.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih popok untuk buah hati.

1. Higienis

Memilih popok berdaya serap tinggi memang perlu, namun tak jarang orang tua lupa memperhatikan kehigienisan popok.

Memiliki daya serap tinggi dan nyaman digunakan akan sia-sia jika popok tidak higienis. Dari semua hal, yang utama dalam pemilihan popok adalah kebersihan.

"Buat apa kalau enggak sehat dan bersih. Yang paling penting memang harus sehat jadi kita bisa tenang popok ini dipakai anak kesayangan kita semua selama 24 jam," jelas dr. Andreas.

2. Cek klaim penelitian

Setiap produsen popok tentu akan mencantumkan berbagai hal yang mereka anggap baik untuk bayi demi keperluan marketing. Tugas para ibu adalah melakukan cek dan ricek terkait penelitian yang diklaim oleh para produsen popok ini.

"Lihat benar enggak, ada penelitiannya. Kalau dia bilang pakai metode ini, metode itu, periksa. Lihat apa benar seperti itu," lanjutnya.

3. Pilih yang memiliki kandungan antibakteri

Kandungan antibakteri akan melindungi kulit bayi dari risiko iritasi. Misalnya yang mengandung daun teh hijau.

Ekstrak daun teh telah teruji klinis memiliki kandungan antioksidan, antiinflamasi, dan antibakteri. Kandungan tersebut bermanfaat untuk kesehatan kulit, termasuk bisa mencegah iritasi, peradangan, dan ruam.

4. Rajin mengganti popok 

Selain tiga hal tadi, rajin mengganti popok juga dapat menjadi solusi agar kulit bayi terbebas dari ruam.

Dokter Edwin Tanihaha, Sp.KK, Dip. AAAM, MHKes, KFCCS, menjelaskan ruam popok pada bayi bisa disebabkan karena kulit sensitif atau karena jamur. 

Untuk menghindari munculnya ruam popok, dr. Edwin menyarankan untuk rajin membersihkan dan mengganti popok. Jangan sampai kotoran menumpuk dan terlalu lama dibiarkan.

Reaksi

Sedih 0%

Marah 0%

Senang 0%

Terkejut 0%

Guest

0 Comment