5 Tips agar Liburan Bersama Anak Lebih Menyenangkan

Ilustrasi liburan - (foto by: pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Masa liburan sekolah merupakan masa yang sangat menyenangkan bagi anak-anak. Tiap orangtua pastinya ingin menyenangkan hati anak mereka khususnya di masa liburan sekolah ini. Bepergian bersama anak juga dapat semakin mepererat hubungan orangtua anak. Namun sebagianorangtua terkadang khawatir akan repot jika membawa anak mereka melancong ke tempat yang jauh selama liburan sekolah.

Sepekan lagi masa liburan sekolah berakhir. Karena itu sebaiknya mengisi waktu liburan yang tersisa dengan aktifitas yang menyenangkan bagi anak agar mereka dapat bersemangat saat memulai kegiatan sekolah lagi.

Melansir Kantor Berita Nasional ANTARA, berikut ini 5 tips jitu tamasya bersama anak di masa libur sekolah .

1. Cari wisata yang ramah anak

Saat memilih destinasi wisata, sebaiknya Anda mendiskusikannya bersama anak agar lokais yang dituju sesuai keinginan mereka. Hal ini bertujuan untuk menyenangkan hati mereka. Ada banyak lokais wisata yang ramah anak diantaranya kebun bintang atau ke lokasi piknik yang dilengkapi tempat bermain.

2. Pilih penginapan ramah anak

Selain tempat wisata, Anda juga sebaiknya memilih penginapan yang ramah anak agar mereka betah untuk tinggal di tempat tersebut. Salah satunya caranya cari fasilitas penginapan yang menawarkan kolam renang dan playground. Anak-anak akan merasa bahagia dan tidak rewel ketika mereka melakukan aktivitas yang seru seperti berenang. Tak lupa juga, cari penginapan yang dekat dengan tempat wisata yang ingin dikunjungi agar aksesnya lebih mudah dijangkau.

3. Persiapan kebutuhan buah hati

Hal lain yang perlu diperhatikan yakni kebutuhan anak secara lengkap meliputi baju, susu, camilan, alat makan anak, popok, obat-obatan dan lainnya. Perlu diketahui, obat-obatan anak merupakan hal yang paling wajib untuk dibawa ketika bepergian . Jangan lupa membawa mainan kesukaan anak supaya mereka tidak bosan selama di perjalanan.

4. Pilih tempat makan sesuai kebutuhan anak

Sebelum makan di restoran, ada baiknya Anda Anda mencari tahu menu yang ditawarkan restoran tersebut. Terlebih saat ini kita sudah bisa melihat menu makanan tiap restoran secara daring ataupun mengunjungi Instagram resmi restoran tersebut, kemudian pilih menu yang ramah anak.

5. Tetap perhatikan protokol kesehatan

Walaupun sudah ada pelonggaran Covid-19, bukan berarti Anda bebas membawa anak kemana pun. Anda tetap harus memperhatikan prokol kesehatan mulai dari masker hingga membawa hand sanitizer.