Jangan Main Gadget Sebelum Tidur! Bisa Insomnia

Ilustrasi main handphone sebelum tidur - (foto by freepik)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kebiasaan bermain gadget sebelum tidur ternyata berdampak buruk bagi kualitas tidur bahkan dapat menyebabkan insomnia.

Insomnia terjadi ketika seseorang mengalami kekurangan tidur atau kesulitan tidur, meskipun memiliki waktu yang cukup untuk melakukannya.

Mengutip laman Kementerian Kesehatan, para peneliti dari University of California dan King’s College London mengatakan gadget naik ponsel maupun laptop bila dipakai dekat dengan waktu tidur dapat mengganggu pola tidur. 

Studi di California tersebut mengamati 653 orang dewasa selama periode 30 hari, merekam waktu dan lamanya orang-orang ini melihat layar, serta lama dan kualitas tidur mereka. Penggunaan layar yang lebih lama, terutama di tempat tidur, jelas terkait dengan tidur yang lebih buruk dan lebih sebentar.

Studi lainnya yang dilakukan di King’s College London, menemukan bahwa kehadiran alat dengan sambungan ke internet di kamar tidur anak menggandakan risiko dampak terhadap siklus tidur mereka.

Mengapa Gadget Bisa Membuat Insomnia?

Dalam saluran resmi Kementerian Kesehatan RI  menjelaskan ada 4 hal yang menyebabkan bermain gadget saat tidur membuat insomnia, yakni: 

1. Mata akan terpaksa melihat dalam pengelihatan redup

2. Paparan sinar dari gadget terlalu terang atau yang disebut dengan glare

3. Menyebabkan refleks kedip berkurang

4. Pengguna mempunyai gangguan refraksi.