Waspada Banjir, Simak 3 Tips Amankan Barang di Rumah

Tips mengamankan barang di rumah saat banjir - (foto ilustrasi by : pexels/Max Vakhtbovych)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar -  Memasuki musim hujan, ada banyak persiapan yang harus Anda lakukan. Misalnya mengecek atap yang bocor, saluran air, hingga mengamankan barang - barang dalam rumah utamanya bagi Anda yang tinggal di wilayah langganan banjir.

Hal tersebut dilakukan agar memastikan rumah dan beberapa barang lainnya tetap aman walau memasuki musim hujan. 

Nah berikut ini, 3 tips mengamankan barang-barang saat banjir yang CELEBESMEDIA.ID himpun dari berbagai sumber.

1. Perhatikan tempat penyimpanan dokumen penting

Amankan dokumen penting yang tersimpan di rumah. Dokumen itu bisa meliputi ijazah, surat kepemilikan, akta kelahiran, surat keterangan, dan sebagainya. 

Selain meletakkannya di tempat yang aman, khusus untuk dokumen-dokumen penting ini, Anda bisa membungkusnya dengan kantong plastik. Pastikan tidak ada yang bolong atau berlubang. Setidaknya jika memang terkena banjir, dokumen-dokumen penting yang ada di dalamnya akan tetap aman.

2. Letakkan barang elektronik di tempat yang tinggi

Bagi yang rumahnya telah langganan banjir, tentu sudah dapat memperkirakan berapa tinggi air yang dapat masuk ke rumah. Jika sudah tahu, maka Anda bisa memprediksi letak yang aman untuk barang-barang elektronik, misalnya di lantai 2 rumah Anda.

Terlebih barang elektronik seperti kulkas, tv, mesin cuci dan sebagainya mudah rusak jika terendam air. Barang-barang ini juga bisa memicu korsleting listrik.

3. Amankan barang-barang berharga

Simpan barang-barang berharga seperti uang dan perhiasan pada tempat yang aman dari banjir. Barang-barang ini mudah hanyut jika diletakkan sembarangan. 

Itulah beberapa cara mengamankan barang dari banjir. Selalu waspada terhadap ancaman banjir, apalagi di musim hujan seperti saat ini.