Ketahui 5 Manfaat Puasa bagi Kesehatan

Humas IDI Makassar, dr Wachyudi Muchsin - (Dok. CELEBESMEDIA.ID)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Bulan Ramadan telah tiba. Di bulan suci ini, umat muslim yang telah baligh atau yang telah cukup usia diwajibkan untuk berpuasa.  Saat berpuasa, orang akan menahan lapar, haus dan juga amarah. Dalam bahasa Arab, puasa artinya mengekang atau menahan diri.

Puasa bukan hanya menjalankan perintah agama, tapi puasa juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Humas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Makassar, dr Wachyudi Muchsin menjelaskan manfaat puasa bagi kesehatan tubuh yakni :

1.   Mengurangi risiko diabetes

Salah satu manfaat berpuasa adalah menurunkan risiko diabetes. Hal ini berkaitan dengan efek puasa yang dapat merangsang perbaikan metabilosme tubuh.

“Berpuasa dapat meningkatkan kinerja insulin yakni hormone yang mengatur kadar gula darah sehingga dapat mengurangi risiko diabetes,” ungkap dr. Wachyudi Muchsin kepada CELEBESMEDIA.ID, Senin (4/4/2022).



2.       Menurunkan berat badan

Manfaat berpuasa yang sudah diketahui banyak orang adalah menurunkan berat badan.

“Tidak hanya menurunkan berat badan, berpuasa juga dapat menjaga berat badan tetap ideal,” lanjutnya.



3.       Menjaga kesehatan jantung

Beberapa riset menunjukkan orang yang rutin berpuasa selama 1 bulan terlihat memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi dibandingkan yang tidak menjalani puasa.



4.       Meningkatkan daya ingat

Sesuai penelitian di Journal of the Academy of Nutrition and Diabetes, aktivitas puasa atau mengurangi makan selama beberapa minggu secara signifikan akan meningkatkan daya ingat.



5.       Hidup bahagia

Tidak hanya baik bagi kesehatan fisik, puasa juga bermafaat bagi kesehatan rohani.

“Puasa dapat membantu menurunkan kadar hormon stress atau kortisol serta merangsang hormone endorphin yang baik untuk meredakan cemas. Hal ini diduga berkaitan dengan efek puasa yang dapat memperbaiki metabolismetubuh,” tutupnya.  


Itulah tadi beberapa manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi umat muslim yang menjalankannya.