5 Tips dari Psikolog Agar Tetap Produktif di Bulan Ramadan

Ilustrasi - foto by pexels

CELEBESMEDIA.ID, MakassarBerpuasa tidak seharusnya menajdi alasan bagi seseorang untuk bermalas-malasan dan menurunkan produktivitas kerja. Rasa haus dan lapar sering menjadi pengganggu ketika bekerja sambil berpuasa. Namun, hal tersebut dapat dilalui dengan menata kebiasaan di bulan Ramadan dengan baik.

Psikolog Kartika Cahyaningrum menjelaskan produktivitas kerja tetap dapat dijaga saat berpuasa Ramadan jika seseorang benar-benar memantapkan hati dan niat. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar tetap produktif di bulan Ramadan menurut psikolog yang bekerja di Lembaga Pengembangan Psikologi Terapan (LPPT) Widya Prasthya Makassar tersebut.

1. Atur mindset

Penting utnuk mengatur mindset agar selalu berpikiran postif di bulan Ramadan. Hal ini dapat membangkitkan semangat kerja.

“Manfaatkan bulan ramadhan menjadi salah satu cara kita utk meningkatkan pikiran positif kita,” jelas Kartika kepada CELEBESMEDIA.ID, Senin (27/3/2023).

2. Jangan terbebani

Meski terasa lapar atau pun haus namun seharusnya berpuasa di bulan Ramadan bukanlah menjadi penghalang bagi seseorang untuk beraktivitas. Jangan terbebani dengan aktivitas harian yang Anda jalani selama berpuasa.

“Tanamkan di dalam diri kita bahwa puasa bukanlah sebuah penghalang dari produktivitas kerja kita,” lanjutnya.

3. Banyak bersyukur

Tips selanjutnya perbanyak bersyukur, terlebih jika selama berpuasa Anda masih bisa beraktivitas karena kondisi fisik yang tetap bugar.

“Manfaatkan bulan ramadhan sebagai salah satu cara kita meningkatkan kebersyukuran kita. Karena dengan meningkatnya rasa bersyukur yang kita miliki juga akan meningkatkan produktivitas kita juga,” kata psikolog yang akrab disapa Tika ini.

4. Pahami hikmah puasa

Berpuasa bukan hanya sekedar menahan lapar dan haus, kata Kartika. Puasa memiliki banyak manfaat sehingga tidak sepantasnya berpuasa menjadikan seseorang malas untuk bergerak.

“Kita perlu memahami bahwa puasa itu menjadi salah satu detox terhadap asupan glukosa berlebih yang ada di dalam tubuh kita yang menjadi salah satu penyebab sulitnya mengontrol emosi kita,” jelasnya.

5. Tentukan target

Tips terakhir yakni tentuka target yang ingin dicapai dari berpuasa. Hal ini dapat memotivasi diri dan makin bersemangat untuk berpuasa.

“Tentukan target positif yang bisa dilakukan selama bulan puasa agar memotivasi diri kita dan membuat kita lebih bersemangat dan produktif setiap harinya,” tutupnya.