Ilustrasi - (foto by pixabay)

CELEBESMEDIA.ID Makassar -  Libur telah tiba. Meski sedang liburan, tetap harus menjaga kesehatan. 

Terlebih jika mendatangi tempat ramai. Berikut ini tips liburan sehat yang dilansir dari ANTARA, Senin (21/12/2022).

1. Tetap menggunakan masker

Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Pondok Indah - Pondok Indah dr. Dias Septalia Ismaniar mengingatkan orang-orang tetap menggunakan masker dengan benar di lokasi yang ramai pengunjung.

"Gunakan masker pada tempat-tempat yang crowded pengunjung, walaupun di tempat tersebut regulasinya sudah bebas masker. Tetapi hal ini tetap penting untuk pencegahan (Covid-19)," ucapnya.

2. Rutin mencuci tangan

Dokter Dias juga mengingatkan terkait penyakit yang sering dijumpai usai masa liburan termasuk Natal dan Tahun Baru, influenza, ISPA atau terinfeksi saluran pernapasan semisal batuk, pilek, radang tenggorokan, infeksi telinga dan diare.

Demi menghindari penyakit-penyakit itu, Dias menyarankan orang-orang menjaga higienitas diri seperti rutin mencuci tangan, memilih makanan yang bersih dan sehat, tidur cukup serta tidak meninggalkan olahraga rutin.

"Kemudian, lakukan vaksin seperti influenza, tifoid, hepatitis bila akan berangkat," tutur dia.

3. Rajin minum air putih

Pakar nutrisi sekaligus founder dan direktur Real Nutrition NYC, Amy Shapiro menyarankan agar orang-orang tetap mencukupi asupan air putih setidaknya delapan gelas per hari.

Tanpa hidrasi yang cukup, kita sering merasa lapar dan lelah. Ini dapat menyebabkan kita melewatkan berolahraga, menyantap makanan tak sehat dan berlebihan meminum kafein. Setiap ingin menyantap camilan, harus minum air segelas terlebih dulu," tutur dia.

Kemudian untuk makanan, sebaiknya nikmati camilan sekitar satu jam sebelumnya agar tidak kelaparan. Saat seseorang lapar, dia cenderung membuat keputusan memilih makanan yang tak sehat.

"Jadi nikmati camilan dan beri diri Anda waktu untuk melihat makanan apa yang tersedia, dan buat pilihan berdasarkan apa yang Anda idamkan dan apa yang sebenarnya Anda inginkan," kata Saphiro yang merekomendasikan orang-orang mengisi setengah dari piring dengan sayuran setiap saat.