Ilustrasi - (foto by pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Hari raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Umum ya orang akan pualng kampung halaman atau mudik. 

Terlebih bagi mereka yang sedang merantau di daerah lain, tentunya sangat menantikan waktu mudik jelang lebaran.

Agar mudik Anda menyenangkan berikut ini 6 tips mudik yang aman dan nyaman yang dilansir dari Antaranews.

1. Mencari informasi harga tiket

Hal oertama yang dapat Anda.lakukan untuk mempersiapkan mudik yakni .encari informasi harga tiket untuk pulang ke kampung halaman.

Lakukan perbandingan harga tiket pada masing-masing transportasi. 

Bagi Anda yang ingin mudik dengan cepat dan praktis, moda transportasi udara atau pesawat dapat menjadi pilihan. 

Namun bagi ingin menikmati perjalanan dengan santai dan lebih terjangkau, Anda bisa menggunakan bus sebagai transportasi mudik.

2. Menghitung biaya

Tujuan dari menghitung budget ini yaitu agar Anda dapat mudik sesuai dengan kemampuan sehingga ke depannya Anda tidak terbebani dengan biaya transportasi yang berlebihan.

Selain digunakan untuk membeli tiket perjalanan, budget untuk mudik tentunya akan digunakan untuk berbagi rezeki ketika di kampung halaman.

3. Memesan tiket perjalanan

Setelah menghitung budget, Anda dapat langsung membeli tiket perjalanan yang sesuai. Untuk keamanan dan kenyaman sebelum berangkat. 

4. Jangan pakai perhiasan berlebihan

Demi keamanan, Anda diharapkan tidak mengenakan perhiasan yang berlebihan dan mencolok. Hal ini dilakukan agar Anda terhindar dari tindakan kriminal yang dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

Terlebih saat pada saat mudik, tempat keberangkatan seperti bandara, terminal, dan stasiun pastinya akan sangat ramai.

5. Persiapkan barang bawaan

Sebaiknya, Anda tidak menyiapkan barang bawaan terlalu mepet. Mulai dari pakaian untuk Lebaran, perlengkapan kesehatan, kartu identitas, dan lainnya. Jika ternyata durasi mudik berlangsung lama, sebaiknya Anda menyiapkan bekal untuk berbuka puasa di tengah perjalanan. Jika memungkinkan, Anda juga dapat membawa oleh-oleh untuk keluarga di kampung.

6. Menjaga kesehatan

Sebelum berangkat mudik, sebaiknya Anda menjaga kesehatan agar tetap bugar selama dan sesudah perjalanan. Salah satu caranya yaitu dengan tidur dan makan dengan cukup.