Fakta Aneh Seputar Kesehatan yang Jarang Diketahui

Permen karet mint hilangkan lelah - (int)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kesehatan itu penting, dengan tubuh yang sehat kita lebih dapat menikmati hidup. Di era digital saat ini tak sulit menemukan informasi seputar kesehatan. Namun umumnya informasi yang ada sudah sering kita dengar.

Nah, berikut ini beberapa fakta aneh seputar kesehatan yang akan membuat Anda terkejut dan masih jarang diketahui publik.

Menguyah permen karet mint menghilangkan lelah

Siapa sangka jika menguyah permen karet mint dapat menghilangkan rasa lelah. Para peneliti di Coventry University telah menemukan bahwa permen karet mint secara dramatis bisa menghilangkan rasa lelah.

Sementara itu, penelitian terpisah menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat  dapat meningkatkan nilai tes dan meningkatkan memori hingga 35 persen. 

Gula sama buruknya dengan rokok

Stigma yang melekat pada gula memang tidak seburuk rokok. Namun kebenarannya adalah makanan manis atau makanan penutup sama buruknya seperti menyalakan sebatang rokok.

Menurut penelitian oleh tim University of California, gula dan rokok bisa merusak tubuh karena keduanya seperti alkohol yang mengganggu sistem kerja mulai dari otak hingga organ. 

• Kopi dapat menangkal depresi

Informasi yang beredar jika kafein yang terkandung dalam kopi bisa berdampak buruk. Namun, sebuah studi dari Harvard School of Public Health menemukan, bagi perempuan yang minum empat atau lebih secangkir kopi setiap hari dapat mengurangi risiko depresi sebesar 20 persen.

Sebuah studi sebelumnya lebih dari 80.000 wanita juga mengungkapkan bahwa perempuan yang minum lebih dari dua cangkir kopi sehari sangat jarang melakukan bunuh diri.

Susu Bikin Gemuk

Banyak orang yang ragu meminum susu karena takut berat badan akan naik. Hal ini tidaklah benar.

Ardy Brian Lizuardi, Master of Science in Nutrician and Health Wageningen University, Belanda menjelaskan jika susu memiliki banyak manfaat. Terlebih untuk perempuan yang siap untuk menjadi ibu.

Saat ini susu memiliki banyak pilihan, jika takut gemuk Anda bisa mengonsumsi susu yang rendah lemak dan kalori.

Duduk lama meningkatkan risiko kematian hingga hampir 50 persen

Waspadalah bagi para pekerja kantor yang sering duduk lama untuk menyelesaikan pekerjaan kantor. Karena penelitian dari University of Sydney menemukan fakta bahwa pekerja kantor yang duduk lebih dari 10 jam sehari di meja kerja memiliki peningkatan risiko kematian sebesar 48 persen, dibandingkan dengan orang yang duduk kurang dari empat jam sehari.

Untuk mengatasi resiko ini, cobalah untuk memberi jeda lima menit setiap jam dan pastikan kamu beristirahat secara teratur. Perubahan sederhana seperti lebih sering naik tangga daripada naik lift juga akan membuat perbedaan positif bagi kesehatan.

Menghirup aroma apel dapat mencegah claustrophobia

Claustrophobia adalah ketakutan berlebihan terhadap ruang tertutup. Fakta mengejutkan jika fobia jenis ini dapat diatasi dengan mencium apel hijau. 

Penelitian dari Smell and Taste Treatment and Research Foundation. Mengendus apel hijau juga dapat mencegah sakit kepala dan migrain. Bahkan beberapa pemilik rumah menggunakan aroma apel untuk membuat rumah mereka lebih nyaman bagi calon pembeli.

Itulah tadi beberapa fakta mengejutkan seputar kesehatan. Meski terkesan aneh namun kebenaran dari fakta tersebut telah dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan para ahli di belahan dunia. 

Tags :