Tips Mudik Nyaman Menggunakan Pesawat

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Mudik lebaran tahun ini merupakan kali pertama pasca pencabutan aturan pembatasan kegiatan luar ruangan selama masa pandemi. 

Oleh karena itu, mudik tahun ini menjadi istimewa yang dinantikan banyak orang. Pemerintah bahkan menambah cuti bersama yang akan dimulai 19 April nanti.

Bagi pemudik penting untuk memperhatikan beberapa agar mudik menjadi aman dan menyenangkan. 

Khusus untuk mudik menggunakan pesawat terbang, ada tiga poin yang dapat dilakukan saat mudik melansir Antara, Sabtu (15/4).

1. Fasilitas check-in 

Bandara pastinya akan ramai saat mudik. Untuk menghindari antrean, pemudik baiknya datang 2 hingga 3 jam lebih awal dari jadwal pemberangkatan.

Jika barang bawaan sedikit dan hanya menggunakan bagasi kabin, baiknya memanfaatkan fitur check-in mandiri di apkikasi atau anjungan check-in yabg selaou tersedia di bandara.

2. Jangan bawa barang terlalu banyak

Pemudik baiknya membawa barang secukupnya. Terlebih setiap maskapai menerapkan batas kapasitas bagasi, Agar tidak mengeluarkan biaya ekstra akibat kelebihan bagasi, maksimalkan ruang pada tas atau koper dengan membawa perlengkapan berukuran kecil.

3. Optimalkan poin loyalitas

Beberapa maskapai memberlakukan poin loyalitas. Manfaatkan poin loyalitas itu agar pemudik mendapatkan harga tiket pesawat yang lebih murah.