Setelah Facebook dan Instagram, WhatsApp Juga Down. Pengguna Sulit Kirim Gambar

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Sejumlah pengguna melaporkan layanan WhatsApp (WA) mereka mengalami masalah, Kamis (14/3/2019) pagi. Pengguna mengatakan, mereka tak bisa mengirim gambar lewat WhatsApp.

“Pesan teks bisa, tapi tidak bisa kirim gambar. Tidak bisa juga pasang status,” kata seorang pengguna WhatsApp di Makassar, Nurul, kepada CELEBESMEDIA.ID.

“Saya coba kirim gambar tapi gagal terus. Ada beberapa teman juga  mengatakan hal yang sama. Katanya, WhatsApp lagi down,” ucapnya.

Nurul mengatakan, akibat masalah ini, usaha onlinenya tersendat. “Mau kirim gambar jualan ke kostumer tidak bisa,” keluhnya.

Kendala yang terjadi pada layanan WhatsApp  ini menyusul masalah pada Instagram dan Facebook yang terjadi sejak tadi malam.

Bukan hanya di Makassar, dilansir dari CNNIndonesia, laporan mengenai masalah WhatsApp datang dari berbagai belahan dunia mulai marak sejak Rabu (14/3/2019) pukul 23:00 WIB. Laporan ini sebagian besar terkait masalah mengirim dan menerima pesan, masalah koneksi ke server WhatsApp dan masalah masuk ke layanan, seperti dilaporkan situs Down Detector.

Keluhan ini muncul Hampir bersamaan dengan memburuknya layanan Instagram dan Facebook. Sejak semalam pengguna sudah mengeluhkan masalah di Facebook dan Instagram yang masih berlanjut hingga pagi ini.

Akibat kelumpuhan ini, tagar #FacebookDown, #InstagramDown, dan #WhatsApp Down mewarnai trending topic di Twitter sejak kemarin hingga hari ini.

Sebelumnya, Facebook dan Instagram sudah membuat pengakuan bahwa beberapa layanan mereka memang mengalami masalah saat ini

Diketahui bahwa Facebook, Instagram, dan WhatsApp merupakan satu grup dalam aplikasi utama Facebook milik Mark Zuckerberg.

"Kami menyadari bahwa beberapa orang saat ini mengalami masalah dalam mengakses kumpulan aplikasi Facebook. Kami sedang berupaya menyelesaikan masalah ini sesegera mungkin," jelas Facebook di Twitter.

"Kami fokus pada upaya untuk menyelesaikan masalah sesegera mungkin, tetapi dapat dikonfirmasi bahwa masalah tersebut tidak terkait dengan serangan DDoS," tambah Facebook.

Dilansir Tirto dari Downdector.com, pemadaman dimulai di bagian AS, termasuk pantai timur dan barat, bagian Eropa dan di Australia diduga mempengaruhi layanan situs desktop dan aplikasi Facebook. Beberapa pengguna melihat pesan yang mengatakan Facebook tidak aktif untuk “pemeliharaan yang diperlukan”.

Gangguan serupa juga pernah dialami WhatsApp pada 3 November 2017 lalu. Saat itu pengguna tidak dapat mengirim dan menerima pesan satu sama lain. Tidak ada tanda centang dalam pesan, namun hanya lambang “menghubungkan” dalam bentuk jam.