5 Tips agar Tetap Sehat di Musim Hujan

Ilustrasi - (foto by kids.grid.id)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar merupakan hal penting. Terutama saat musim hujan. Sebab ketika musim hujan jenis mikroba akan lebih mudah berkembang biak. Sebaliknya daya tahan tubuh akan menurun karena serangan mikroba tersebut. 

Kondisi tubuh yang tak prima membuat bakteri dan virus lebih mudah berkembang hingga menyebabkan penyakit.

Melansir laman resmi Kementerian Kesehatan, Rabu (1/2/2023), ada 6 penyakit yang biasa diderita anak-anak dan dewasa saat musim hujan.

1. Diare

Diare merupakan penyakit yang membuat penderitanya sering buang air besar dengan kondisi tinja encer atau cair. Pada umumnya diare terjadi akibat mengkonsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi virus, bakteri, atau parasit.

2. Demam Berdarah Dengue

Deman Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dengue melalui gigitan nyamuk Aedes terutama Aedes aegypti. 

3. Leptospirosis

Leptospirosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Leptospira. Bakteri ini dapat menyebar melalui urin atau darah hewan yang terinfeksi. Beberapa hewan yang bisa menjadi perantara penyebaran Leptospirosis adalah tikus, sapi, anjing, dan babi

4. Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA)

Infeksi Saluran Pernapasan Akut atau ISPA adalah infeksi yang menyerang saluran pernapasan, baik saluran atas maupun bawah. Kondisi ini dapat terjadi pada beberapa organ pernapasan seperti sinus, faring, laring hingga hidung.

5. Penyakit Kulit

Penyakit kulit adalah kelainan kulit yang diakibat adanya jamur, kuman, parasit, virus maupun infeksi yang dapat menyerang siapa saja.

6. Penyakit Pencernaan

Gangguan pencernaan adalah sekelompok kondisi yang terjadi ketika sistem pencernaan tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Jenis penyakit pada sistem pencernaan manusia diantaranya:

  • Diare 
  • Sembelit (konstipasi) 
  • GERD (Gastroesophageal reflux disease) 
  •  Gastroenteritis.

Agar tetap sehat di musim hujan, berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan menurut Kemeterian Kesehatan.

1. Menggunakan pakaian hangat

Pakaian hangat dapat membuat tubuh menjadi lebih nyaman dari serangan suhu dingin di musim hujan.

2. Sedia payung atau jas hujan

Ada baiknya selalu menyiapkan payung dan jas hujan saat musim hujan sekali pun cuaca cerah. Sebab kita tidak tahu kapan hujan tiba-tiba akan mengguyur saat kita beraktivitas di luar rumah

3. Menjaga kebersihan rumah dan sekitarnya.

Kebersihan rumah dan area sekitarnya harus lebih maksimal saat musim hujan. Utamanya pada berbagai tempat lainnya yang dimungkinkan menjadi sarang perkembangan nyamuk. 

Sebab saat musim hujan nyamuk akan lebih mudah berkembangbiak. Air tergenang menjadi tempat yang paling diincar nyamuk untuk menyimpan telurnya.

4. Mengkonsumsi makanan bergizi dan vitamin

Perkuat imun dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Cukupi asupan nutrisi dengan karbohidrat, protein, mineral dan serat yang seimbang.

Selain itu, penting untuk rutin mengkonsumsi vitamin sebagai imun booster.

5. Mandi setelah kehujanan

Mandi penting dilakukan untuk membersihkan kuman-kuman yang mungkin ikut terbawa dan menempel dari debu dan polusi pada air hujan. Karena itu penting untuk membiasakan diri mandi setelah kehujanan.p