Perlu Diketahui! 5 Kebiasaan yang Buat Tubuh Gampang Sakit

Ilustrasi orang sakit - (foto by : pexels/ Tima Miroshnechinko)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Memiliki tubuh yang sehat tentu menjadi harapan semua orang. Namun tak dapat dipungkiri jika penyakit juga  bisa diderita oleh siapa saja, tanpa memandang usia ataupun jenis kelamin. Penyakit harus ditangani agar kondisi kesehatan bisa membaik.

Tak banyak yang menyadari jika ada beberapa kebiasaan yang dapat membuat tubuh kita lebih mudah terserang penyakit. Berikut ini CELEBESMEDIA.ID menghimpun dari berbagai sumber tentang 5 kebiasaan buruk yang ternyata dapat membuat tubuh kita lebih mudah terserang penyakit. 

1. Malas bergerak

Malas bergerak atau mager ternyata merupakan kebiasaan buruk yang berdampak pada kesehatan. 

Sebuah studi tahun 2017 mengungkapkan bahwa wanita yang aktif memiliki tingkat mikroba yang meningkatkan kesehatan lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang tidak banyak bergerak.

Selain itu, duduk terlalu banyak menekan sistem pencernaan Anda yang diketahui menyebabkan kembung dan sembelit.

2. Terlalu stres

Stres dilaporkan dapat menjadi penyebab kesehatan tubuh menurun. Dokter naturopati di Athletic Greens, Ralph Esposito menjelaskan jika stres dapat merangsang kelenjar adrenal untuk melepaskan hormon yang berfungsi memerangi stres. Tetapi di saat yang bersamaan hal ini dapat menyebabkan lebih banyak peradangan, penambahan berat badan, kehilangan otot dan gangguan fungsi kekebalan tubuh.

3. Kebiasaan tidur yang buruk

Menurut penelitian, kurang tidur yang berkualitas berkontribusi pada banyak kondisi kesehatan, termasuk penyakit jantung, sindrom metabolik obesitas, fungsi otak yang buruk dan tentu saja, kelelahan.

Brynna Connor, Healthcare Ambassador di NorthWest Pharmacy menjelaskan usahakan untuk tidak menggunakan smartphone, TV, laptop setidaknya satu jam sebelum tidur.

Ada beberapa alasan untuk melakukan hal tersebut, tetapi salah satu yang utama yang sedang diteliti sekarang adalah cahaya biru yang dipancarkan dari layar TV, komputer, dan smartphone di malam hari membuat kita tidak bisa tidur dengan normal. 

4. Asupan manis yang berlebihan

Makanan manis memang enak dinikmati, tapi di sisi lain itu juga bisa berbahaya dalam beberapa hal.

Terlalu banyak asupan gula menyebabkan kulit terlihat kusam, kembung, dan berkontribusi pada penambahan berat badan dan kecemasan serta mikroba usus yang buruk.

5. Kurang minum air putih

Sebagian besar tubuh manusia terbuat dari air, dan sel-sel dalam tubuh membutuhkannya untuk berfungsi.

Tanpa asupan air yang cukup dan terlalu banyak kehilangan air dan mineral.

Penelitian menunjukkan penurunan kinerja kognitif dan berdampak pada keterampilan psikomotor dan memori.

Itulah tadi 5 kebiasaan yang ternyata dapat membuat tubuh lebih mudah terserang penyakit. Jika ingin hidup sehat, selain mengkonsumsi makanan yang sehat akan lebih baik lagi jika menghindari kebiasaan buruk tersebut.