Lakukan 4 Amalan Istimewa Ini di Hari Jum'at

Ilustrasi membaca surat Al Kahfi - (foto by:pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Hari Jum'at merupakan hari yang diutamakan dari semua hari dalam sepekan. Dalam agama Islam, Jumat adalah hari yang penuh berakah. Umat muslim percaya amalan yang dilakukan di hari Jumat akan memperoleh berlipat kebaikan. 

Melansir laman rumasyho, berikut ini 4 amalan istimewa di hari Jumat sesuai Sunnah Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam. 

1. Membaca Surat As Sajadah dan Al Insan di waktu subuh

Ketika shalat Shubuh di hari Jum’at dianjurkan membaca Surat As Sajdah dan Surat Al Insan

Sebagaimana terdapat dalam hadits Abu Hurairah, beliau berkata yang artinya: “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa membaca pada shalat Shubuh di hari Jum’at “Alam Tanzil …” (surat As Sajdah) pada raka’at pertama dan “Hal ataa ‘alal insaani hiinum minad dahri lam yakun syai-am madzkuro” (surat Al Insan) pada raka’at kedua.”

Namun tidak dianjurkan untuk mengkhususkan dengan surat yang ada ayat sajdahnya.



2. Memperbanyak shalawat Nabi di hari Jum’at

Pada hari Jum'at dianjurkan untuk memperbanyak shalawat kepada Rasulullah sebab orang yang paling banyak bershalawat kepada nabi maka dialah yang akan dekat dengan Rasulullah di hari akhir kelak. 

Dari Abu Umamah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Perbanyaklah shalawat kepadaku  pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti."



3. Membaca Surat Al Kahfi

Umat muslim disunnahkan untuk membaca Surat Al Kahfi pada hari Jumat, sebagaimana dalam hadist.

Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, maka ia akan disinari oleh cahaya di antara dua jum’at.”

Dalam lafazh lainnya dikatakan selain pada hari Jumat, juga dianjurkan membaca Surat kedelapan belas dalam Al Qur'an ini pada malam Jumat. 

Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, maka ia akan mendapat cahaya antara dirinya dan rumah yang mulia (Mekkah).



4. Memperbanyak do’a di hari Jum’at

Pada hari Jum'at, ada waktu mustajab untuk berdo'a yakni setelah waktu ashar.  

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membicarakan mengenai hari Jum’at lalu ia bersabda,

Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta.” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut.