Hari Osteoporosis Sedunia, Pahami 5 Kebiasaan yang Dapat Mempercepat Tulang Rapuh

Rini . 20-10-2021, 17:10

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Osteoporosis bisa dialami oleh siapa saja, termasuk anak-anak dan orang dewasa. Namun, kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita yang telah memasuki masa menopause. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya kadar estrogen yang berperan penting dalam menjaga kepadatan tulang.

Osteoporosis adalah kondisi berkurangnya kepadatan tulang yang dapat menyebabkan tulang menjadi keropos dan mudah patah.

Mengkutip National Calendar, Hari Osteoporosis sudah ada sejak perhimpunan Osteoporosis Nasional Inggris meluncurkan Hari Osteoporosis Sedunia pada 20 Oktober 1996. 

Diketahui satu dari tiga wanita dan satu dari lima pria berusia 50 tahun ke atas akan menderita patah tulang osteoporosis. Hal ini berdasarkan data dari World Osteoporosis Day. 

Sebenarnya osteoporosis ini dapat dicegah lebih awal. Dengan cara menghindari kebiasaan yang kerap dilakukan dan tanpa disadari ternyata dapat mempercepat hilangnya kepadatan tulang berkurang.

Berikut ini 5 kebiasaan yang  menyebabkan osteoporosis seperti yang dilansir dari laman halodoc. 

1. Kurang mendapatkan cahaya matahari

Cahaya matahari adalah sumber vitamin D yang penting untuk membantu penyerapan kalsium. Bila kamu sering menghindari cahaya matahari, maka kamu akan kekurangan vitamin D, yang bisa menjadi penyebab pengeroposan tulang.

 2. Kurang aktivitas fisik

Semakin sering kamu menggunakan atau menggerakkan tulang, maka tulang akan menjadi semakin kuat. Sebaliknya jika kamu terlalu banyak istirahat dan kurang aktivitas fisik, maka akan kehilangan massa tulang. Sebaiknya melakukan aktivitas fisik secara teratur. Jalan kaki merupakan salah satu aktivitas terbaik untuk mencegah osteoporosis.

3. Banyak mengonsumsi makanan asin

Kebiasaan lain yang dapat menyebabkan osteoporosis adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan asin. Saat mengonsumsi banyak garam, ginjal akan bekerja ekstra untuk mengeluarkan natrium, saat itu jugalah kalsium akan ikut terbuang

4. Banyak mengonsumsi daging

Daging memang baik untuk pembentukan otot. Namun, diet tinggi protein dapat menyebabkan ginjal mengeluarkan lebih banyak kalsium. Kehilangan banyak kalsium dapat menyebabkan berkurangnya mineral dalam tulang yang bisa mengakibatkan osteoporosis.

5. Minum Alkohol

Terlalu banyak mengonsumsi alkohol juga dapat menghambat penyerapan kalsium. Selain itu, alkohol juga dapat memengaruhi kinerja pankreas dan hati, yang berpengaruh pada jumlah kalsium dan vitamin D di dalam tubuh. Alkohol juga dapat meningkatkan produksi hormon kortisol. Hal tersebut dapat menyebabkan berkurangnya kepadatan tulang.

Itulah tadi 5 kebiasaan yang dapat mempercepat terjadinya osteoporosis. Agar tidak cepat terkena osteoporosis sebaiknya menghindari kebiasaan tersebut. 

Reaksi

Sedih 0%

Marah 0%

Senang 0%

Terkejut 0%

Guest

0 Comment