Tips Atur Keuangan agar Tidak Boros di Bulan Ramadan

Ilustrasi - foto by pixabay

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Bulan Ramadan 1444 Hijriah sebentar lagi tiba. Sebagian orang sudah mempersiapkan keperluan  untuk bulan Ramadan nanti. Bak gayung bersambut retail perbelanjaan sudah dipenuhi produk-produk Ramadan untuk memenuhi permintaan konsumen.

Namun perlu diingat Anda harus pandai-pandai mengatur keuangan agar tidak boros. Berikut ini 6 cara mengatur keuangan agar tidka boros di bulan Ramadan yang dikutip dati laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

1. Buat rencana keuangan

Buat rencana keuangan selama bulan Ramadan. Misalnya dnegan membuat daftar prioritas apa saja yang akan kamu butuhkan dari jauh-jauh hari.

Tentukan anggaran sedekah serta pengeluaran untuk makan sahur dan berbuka, cicilan, listrik, kebutuhan pokok lainnya hingga dana darurat lainnya.

2. Utamakan kebutuhan

Berpuasa melatih kita untuk menahan hawa nafsu. Termasuk menahan nafsu untuk belanja berlebihan yang diluar kebutuhan. Anda harus mengutamakan kebutuhan bukan keinganan.

Jangan tergiur dengan diskon beragam produk yang sebenarnya tidak Anda butuhkan selama Ramadan.

3. Buat daftar menu sahur dan berbuka

Agar kamu tidak bingung dalam membuat rencana keuangan, maka buatlah daftar menu sahur dan berbuka selama Ramadan. Hal ini dapar menghemat pengeluaran khususnya untuk anggaran berbuka puasa di luar.

4. Belanja lebih awal

Harga kebutuhan pokok (sembako) biasanya akan naik mendekati bulan Ramadan. Karena itu ada baiknya jika berbelanja lebih awal sebelum memasuki bulan Ramadan. Bgaitu pula untuk kebutuhan hari raya ada baiknya untuk membeli barang sebelum Hari Raya.

5. Catat pengeluaran harian

Jika Anda serius ingin mengelola keuangan di bulan Ramadan, baiknya untuk mencatat pengeluaran harian. Dari catatan itu, Anda bisa mengetahui jika pengeluaran harian Anda berlebihan.

6. Memegang komitmen

Hal terpenting adalah berkomitmen pada rencana awal yang telah disusun. Jangan sampai apa yang sudah Anda susun jadi sia-sia.