Jaga Keamanan Pengguna, WhatsApp Kenalkan Fitur Fingerprint untuk Android

NDTV Gadgets

CELEBESMEDIA.ID, Las Vegas – Untuk menjaga keamanan penggunanya, WhatsApp terus melakukan pengembangan. Tahun 2019 ini, aplikasi pesan singkat tersebut menghadirkan fitur keamanan menggunakan sidik jari (fingerprint) versi smartphone Android.

Informasi fitur baru itu dipertegas oleh WABetaInfo, situs yang menguji fitur baru WhatsApp ini lebih awal, melalui akun Twitter-nya.  Menurut WABetaInfo, fitur ini sedang dalam pengembangan, dan dinonaktifkan secara default di Android 2.19.3 versi beta.

"WhatsApp akhirnya mulai bekerja pada fitur otentikasi pada Android, menggunakan sidik jari Anda!" kata laporan WABetaInfo. “Pengerjaan fitur ini masih dalam proses dan masih perlu ditingkatkan.”

Fitur sidik jari terlihat setelah perusahaan meluncurkan pembaruan WhatsApp untuk Android 2.19.3 melalui program Google Play Beta. Setelah fitur tersedia untuk semua, pengguna WhatsApp harus mengautentikasi identitas jari mereka setiap kali ingin membuka aplikasi. Otentikasi sidik jari untuk melindungi obrolan penggunanya dari yang terlihat oleh orang lain.

Sebelumnya, WhatsApp telah bekerja untuk mengimplementasikan fitur ID Wajah dan ID Sentuh pada iOS, tapi sampai sekarang belum berjalan karena masih dalam pengembangan. Namun, untuk Android ini, WhatsApp akan benar-benar mengaktifkan fitur sidik jari.

Setelah hadir pada Android, fitur ini juga akan tersedia di pembaruan iOS yang akan datang. Mekanisme otentikasi sidik jari akan menambah lapisan keamanan tambahan, karena pengguna WhatsApp harus mengautentikasi diri mereka sendiri setiap kali mereka membuka aplikasi.

Fitur ini persis seperti milik iOS yang dimana saat mengaktifkan fitur Fingerprint, aplikasi pun akan sepenuhnya terlindungi, sehingga pengguna harus melakukan otentifikasi sidik jarinya untuk membuka WhatsApp. Fitur ini akan melindungi seluruh aplikasi sehingga tidak digunakan untuk mengunci percakapan tertentu.

Aplikasi WhatsApp memang terus melakukan pembaruan dengan menambahkan berbagai fitur terbaru untuk memudahkan penggunanya. Bahkan, informasi terbaru, pada Januari 2019, WhatsApp akan menghadirkan iklan dalam fitur status WhatsApp.

Selain iklan, dilansir dari laman businesstoday.in, Desember lalu, WhatsApp juga akan menghadirkan fitur baru seperti mode gelap, panggilan grup dan beberapa fitur lain.