Jaga Kesehatan Mental, Ayo Kita Wujudkan!

Rini . 10-10-2021, 21:45
Ilustrasi peringatan hari kesehatan mental - (foto by: pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pandemi COVID-19 berdampak besar pada kesehatan mental masyarakat. Beberapa kelompok, termasuk tenaga kesehatan dan pekerja garis depan lainnya, pelajar, orang yang tinggal sendiri, dan mereka yang memiliki kondisi kesehatan mental yang sudah ada sebelumnya, sangat terpengaruh.

Tahukah Anda, setiap tahunnya, bertepatan dengan tanggal10 Oktober diperinagtan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia atau Hari Mental Sedunia.

World Mental Health Day tahun ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengangkat tema "Mental health care for all: let's make it a reality" atau "Perawatan kesehatan mental untuk semua: mari kita wujudkan".

Dilansir dari laman resmi WHO, tema itu berangkat dari pandemi Covid-19 yang berdampak besar pada banyak aspek, terutama kesehatan mental.

"Kami juga akan memberikan materi baru, dalam format yang mudah dibaca, tentang cara menjaga kesehatan mental Anda sendiri dan memberikan dukungan kepada orang lain juga. Kami harap Anda akan menemukan mereka berguna," tulis WHO dalam laman resminya.

Dalam beberapa tahun terakhir, ada peningkatan pengakuan akan peran penting kesehatan mental dalam mencapai tujuan pembangunan global. Kesehatan mental mulai dimasukkan dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Depresi adalah salah satu penyebab utama kecacatan.

Bunuh diri adalah penyebab utama kematian di antara usia 15-29 tahun. Orang dengan kondisi kesehatan mental yang parah meninggal sebelum waktunya – sebanyak dua dekade lebih awal – karena kondisi fisik yang dapat dicegah.

“Seiring dengan kesenjangan pengobatan, kita harus mengatasi stres di tempat kerja, membantu remaja di sekolah serta pengasuh dan keluarga orang yang hidup dengan masalah kesehatan mental," kata Direktur Regional WHO seperti dilansir The Hindustan Times, Minggu (10/10/2021).

Menurut Central of Disease Control (CDC), kesehatan mental mencakup kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial. Kesehatan mental penting di setiap tahap kehidupan, dari masa kanak-kanak dan remaja hingga dewasa. 
Kesehatan fisik dan kesehatan mental sangat erat kaitannya. Depresi menyebabkan penyakit jantung dan pembuluh darah.Gangguan mental juga mempengaruhi perilaku kesehatan seseorang.

Sama seperti kebugaran fisik membantu tubuh untuk tetap kuat, kebugaran mental juga membantu untuk mencapai dan mempertahankan keadaan kesehatan mental yang baik. Memelihara kesehatan mental juga dapat membantu memerangi atau mencegah masalah kesehatan mental yang terkadang dikaitkan dengan penyakit fisik kronis.

Dikutip dari Canadian Mental Health Association , terdapat tiga cara penting untuk meningkatkan serta menjaga mental Anda, yaitu dengan berolahraga, makan dengan benar, dan mengendalikan stres. 

Selamat hari kesehatan mental sedunia!

Reaksi

Sedih 0%

Marah 0%

Senang 0%

Terkejut 0%

Guest

0 Comment